Comscore Tracker

Vaksinasi Dosis Satu Baru 23,9 Persen, Bupati Nanang Ermanto Khawatir

Khawatir Lampung Selatan kembali naik PPKM level 3

Lampung Selatan, IDN Times – Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto khawatir daerah setempat tidak mencapai target herd immunity (kekebalan kelompok) merujuk amanat Immendagri Nomor 48 Tahun 2021. Itu merujuk data pencapaian vaksinasi COVID-19 terkini dan stok vaksin.

“Semangat kita luar biasa, tetapi stok vaksin kita yang belum tercukupi. Ini yang saya khawatirkan jika kita naik ke level 3. Jika kita naik level, dapat berimbas pada terganggunya aktivitas perekonomian masyarakat,” ujar Nanang, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Profil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Masa Kecil Nakal

1. Pencapaian vaksinasi dosis satu baru 23,9 persen

Vaksinasi Dosis Satu Baru 23,9 Persen, Bupati Nanang Ermanto KhawatirVaksinasi massal di GSG Unila (IDN Times/Silviana)

Capaian vaksinasi untuk Lampung Selatan hingga 9 Oktober 2021, berdasarkan data vaksinasi versi program sumber data KPCPEN dosis satu baru mencapai 23,9 persen atau 185.515 dari jumlah sasaran sebanyak 774.818.

Sedangkan berdasarkan data vaksinasi versi NIK sumber data KPCPEN untuk dosis satu baru mencapai 29,6 persen atau 229.704 dari jumlah sasaran sebanyak 774.818.

Dalam ketentuan Immendagri Nomor 48 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 salah satunya menyebutkan untuk mencapai herd immunity setidaknya vaksinasi di suatu daerah sudah mencapai 70 persen. Untuk berada di level 2, vaksinasi disuatu daerah dosis satu sudah mencapai 50  persen dan untuk vaksinasi lansia usia 60 tahun ke atas sudah mencapai 40  persen.

Terkait stok vaksin, yang tersedia saat ini hanya 126.000 dosis. Kabupaten Lampung Selatan kekurangan vaksin sekitar 78 ribu dosis.

2. Berharap dapat pertahankan status PPKM Level 2 untuk sementara

Vaksinasi Dosis Satu Baru 23,9 Persen, Bupati Nanang Ermanto KhawatirSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Nanang mengatakan, pemerintah Kabupaten Lampung Selatan harus menyusun formula atau strategi yang tepat agar cepat menuju kekebalan kelompok atau setidaknya dapat mempertahankan status PPKM Level 2.

“Kita sebagai penyelenggara negara, sebagai bagian dari pemerintahan, memiliki tanggungjawab bagaimana masyarakat kita bener-benar terlindungi, perekonomian bisa berjalan dengan baik, ini tugas kita,”tambah Nanang.

“Kita masih memiliki waktu delapan hari ke depan (sampai 18 Oktober). Saat ini yang harus kita lakukan adalah memaksimalkan vaksinasi dengan stok dosis yang ada sambil mencari langkah-langkah untuk memenuhi kekurangan dosis vaksin,” ujar Nanang.

3. Camat diminta jemput bola datangi rumah lansia untuk divaksinasi

Vaksinasi Dosis Satu Baru 23,9 Persen, Bupati Nanang Ermanto KhawatirSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Bupati Nanang meminta Kepala Dinas Kesehatan, Joniansyah berkoordinasi dengan camat beserta jajarannya untuk membuat posko di tiap-tiap Kecamatan agar membuka layanan vaksinasi setiap hari.

Tujuannya, agar masyarakat tidak kesulitan untuk mencari tempat membuka layanan vaksinasi. Kepastian dibukanya posko layanan vaksinasi di tiap-tiap kecamatan setiap hari masyarakat mudah mengetahui dan menuju lokasi layanan vaksinasi serta dapat meminimalisir terjadinya kerumunan.

“Untuk vaksinasi lansia, saya minta camat dapat melakukan pendataan secara akurat. Upayakan kita yang menjemput atau mendatangi ke rumah lansia, jangan mereka yang datang ke posko. Jangan berpikir lelah, kita harus sangat, berpikirlah untuk amal ibadah dunia akhirat,” tegas Nanang.

4. GOR Way Handak sentra utama vaksinasi Lamsel

Vaksinasi Dosis Satu Baru 23,9 Persen, Bupati Nanang Ermanto KhawatirGOR Way Handak. (Instagram.com/aku.holiss).

Nanang Ermanto juga meminta agar GOR Way Handak, Kalianda dapat dijadikan posko utama layanan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Hari ini kita akan launching gebyar vaksin di GOR Way Handak Kalianda. Jadikan GOR Way Handak sebagai pusat posko vaksinasi di Lampung Selatan, sementara di tiap-tiap kecamatan juga dibuatkan posko vaksin yang melayani vaksinasi dalam setiap harinya,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Joniansyah mengatakan, GOR Way Handak akan dijadikan posko utama vaksinasi di Lampung Selatan, dan buka setiap hari, termasuk hari libur. Masyarakat daerah setempat ingin divaksin membawa fotocopy KTP.

“Kami akan memaksimalkan SDM yang ada serta berkoordinasi dengan jajaran terkait, baik tingkat provinsi maupun tingkat pusat. Untuk mengejar vaksinasi, kami juga akan melaksanakan apa yang diinstrusikan oleh bupati,” jelasnya.

Baca Juga: Melongok Misi Pemkab Lamsel Bangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya