Comscore Tracker

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di Lampung

Digelar di Lampung Tengah dan Bandar Lampung

Lampung Tengah, IDN Times - Polda Lampung bertanggung jawab keamanan di wilayah Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU). Untuk itu, pihaknya ingin melihat tempat-tempat yang digunakan para peserta Muktamar nanti.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno usai meninjau Pondok Darussa’adah Mojo Agung Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah, Rabu (17/11/2021). Lokasi ini bakal menjadi pelaksanaan muktamar.

“Penginapan juga kita cek, bagaimana kondisi dan wilayahnya. Agar nantinya saat dibuka kita sudah siap dalam segi keamanan,” katanya.

1. Keamanan dibantu banser dan pagar nusa

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di LampungPersonel Banser Banyumas berparade membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter pada acara Parade Merah Putih memperingati hari pahlawan, Minggu (15/11/2020). Dok. Banser Banyumas

Kapolda menjelaskan, terkait keamanan selain dari Polda Lampung ada juga dari Banser sebanyak 1.500 personel dan Pagar Nusa 500 orang, khusus di Lampung Tengah, yang nantinya dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian.

“Untuk persiapan keamanan sampai saat ini kita masih Mapping (pemetaan) area, jadi kita belum bisa menyebutkan jumlah yang kita butuhkan. Karena ini hajat nasional, kita juga memperlukan semua stakeholder dari semua pihak. Mapping juga dilakukan di UIN (Raden Intan) dan (universitas) Mahalayati,” lanjutnya.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan,  muktamirin (peserta) dan muhibbin Muktamar NU juga akan dilakukan pengamanan. Itu karena, rata-rata tamu dari luar Provinsi Lampung. “Tentunya harus kita koordinasikan dan kita buat senyaman mungkin,” timpalnya.

2. Penginapan di empat kecamatan siap tampung 5.000 peserta

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di Lampungiconbydesign.com.au

Sekretaris Daerah Lampung Tengah, Nirlan mengatakan, pihak Pemda juga akan membentuk tim dan menyusun rencana apa yang harus dilakukan dalam rangka menyukseskan Muktamar ini. “Jadi kita kemarin sepakat tidak masuk ke dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat teknis, tapi kita melakukan persiapan yang bersifat di luar teknis,” ungkap Nirlan.

Ia mencontohkan, pemkab menyadari akses menuju ke lokasi muktamar kondisi jalan tidak baik, kemudian lampu jalan tidak ada trotoar. Untuk itu, dilakukan perencanaan jalan sampai ke lokasi muktamar dibuat bagus dan nyaman.

Terkait lahan parkir, Nirlan mengatakan, sudah dipersiapkan maksimal. Bahkan sudah mempersiapkan untuk helipad (landasan untuk helikopter).

“Selanjutnya untuk tempat penginapan kita sudah terdata untuk 5.000 orang. Ini tersebar di empat kecamatan yakni di Kecamatan Gunung Sugih, Terbanggi Besar, Seputih Agung dan Bumi Ratu Nuban,” jelasnya.

Baca Juga: Fakta UIN RIL Kembali Terima Penghargaan Green Metric UI

3. Pembukaan dan sidang pleno laporan pertanggungjawaban kepengurusan PBNU digelar di Lampung Tengah

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di LampungIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Muktamar ke-34 NU diagendakan akan digelar komplek Pesantren Darussa'adah Mojo Agung, Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah dan di Kota Bandar Lampung, 23-25 Desember 2021 bertepatan dengan 18-20 Jumadil Ula 1443 H. Tema Muktamar Ke-34 NU adalah Menuju Satu Abad NU: Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia. 

Panitia Muktamar Ke-34 NU terus mematangkan persiapan lokasi yang akan digunakan untuk berbagai agenda inti forum permusyawaratan tertinggi NU ini. Agenda inti tersebut meliputi acara pembukaan, sidang-sidang pleno, sidang-sidang komisi dan bahtsul masail, serta penutupan muktamar. Untuk pembukaan dan sidang pleno laporan pertanggungjawaban kepengurusan PBNU, panitia sudah memutuskan akan menggelarnya di Pesantren Darussa’adah Lampung Tengah.

Dua agenda awal ini akan dilaksanakan di hari pertama yakni pada 23 Desember 2021. Selanjutnya untuk sidang-sidang komisi pada hari kedua, yakni 24 Desember 2021, panitia telah menentukan tempat di tiga kampus perguruan tinggi di Bandar Lampung. Ketiga kampus ini adalah UIN Raden Intan Lampung, Universitas Lampung (Unila), dan Universitas Malahayati.

4. Sidang komisi digelar di tiga kampus Bandar Lampung

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di LampungRektor Unila Prof Karomani memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Istimewa). 

Di UIN Raden Intan Lampung berlokasi di Jalan Letkol H Endro Suratmin Sukarame, Bandar Lampung, panitia berencana menggelar sidang komisi bahtsul masail. Ada beberapa alternatif tempat untuk sidang bahtsul masail yang terdiri dari tiga bidang yakni Waqi’iyyah, Qanuniyyah, dan Maudlu’iyyah.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Muhammad Mukri mengatakan, untuk bahtsul masail waqi'iyyah akan menggunakan gedung serba guna Fakultas Syari'ah; bahtsul masail maudlu'iyyah di Auditorium; dan bahtsul masail qanuniyyah di Fakultas Adab.  “Namun tempat-tempat tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan. Karena itu UIN Raden Intan juga menyiapkan beberapa opsi lain di dalam kampus yaitu sport center, ruang senat lantai 8 gedung akademik dan research center, serta ruang seminar rektorat lama,” katanya dikutip dari NU Online Lampung.

UIN Raden Intan Lampung juga akan digunakan sebagai tempat untuk sidang pleno pengesahkan hasil sidang komisi yang rencananya akan dilaksanakan di auditorium kampus tersebut.

Sedangkan Unila akan menjadi tempat diselenggarakannya tiga sidang komisi yakni organisasi, rekomendasi, dan program kerja.

Tempat tiga sidang di kampus yang beralamatkan di Jalan Prof Dr Sumantri Brojonegoro No 1 Kota Bandar Lampung ini meliputi sidang komisi organisasi di Fakultas Ekonomi, komisi program kerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan komisi rekomendasi di Fakultas Pertanian.

5. Penutupan muktamar rencana digelar di GSG UIN Raden Intan

Update Terkini Persiapan Muktamar ke-35 NU di Lampungradenintan.ac.id

Lokasi lainnya yakni Universitas Malahayati di Jalan Pramuka Nomor 27, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung akan menjadi tuan rumah untuk agenda pertemuan Pengurus Cabang Istimewa NU dari seluruh dunia. Dalam forum ini akan dibahas isu-isu global atau internasionalisasi NU.  

Selanjutnya, untuk sidang pleno pemilihan Rais 'Aam akan kembali diselenggarakan di Pesantren Darussa'adah yang berada di di Lingkungan III Celikah, Seputih Jaya, Gunung Sugih, Lampung Tengah.   Selain pemilihan Rais ‘Aam Syuriyah PBNU yang akan menggunakan sistem Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA), di lokasi yang sama juga akan dilakukan pemilihan Ketua Umum PBNU.

Di hari terakhir Muktamar, panitia telah mengagendakan kegiatan penutupan yang akan dilaksanakan di gedung serba guna UIN Raden Intan Bandar Lampung.

Baca Juga: Muktamar NU ke-34 di Lampung, Gubernur Arinal Instruksikan Hal Ini 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya