Update Penanganan Kasus Pengeroyokan dan Pencurian di Tanjung Bintang

Massa sempat ‘hangat’ sambangi Polsek Tanjung Bintang

Lampung Selatan, IDN Times - Kepolisian berkomitmen penegakan hukum secara profesional dan berimbang penanganan dua perkara yaitu, tindak pidana dugaan pengeroyokan dan upaya pencurian terjadi di wilayah Polsek Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, melalui Kasatreskrim AKP Hendra Saputra dan Kapolsek Tanjung Bintang AKP Faria Arista kepada Pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Lampung Timur, M Muslih, Eko Arif Yulianto, dan Dr Nila Sandrawati Tanjung di Mapolsek Tanjung Bintang.

Baca Juga: Polres Lamsel Amankan Sabu 92 Kg, Kurir Dijanjikan Upah Rp200 Juta

1. Polres Lampung Selatan terbitkan dan proses dua laporan

Update Penanganan Kasus Pengeroyokan dan Pencurian di Tanjung BintangLaporan Keuangan

AKP Hendra menjelaskan, saat ini Polres Lampung Selatan, telah menerbitkan dan memproses dua Laporan Polisi. Itu terkait peristiwa terjadi di Desa Sindang Sari, Kecamatan Tanjung Bintang.

Laporan pertama terkait dugaan tindak pidana pengeroyokan, menyebabkan SU warga Desa Gunung Sugih Besar, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur meninggal dunia. Laporan kedua, terkait upaya tindak pidana pencurian diduga dilakukan oleh SU dan dua rekannya di salah satu rumah warga di Desa Sindang Sari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

“Hingga saat ini kita masih terus melakukan proses hukum terkait 2 laporan polisi tersebut, Institusi Kepolisian sudah meminta keterangan beberapa saksi. Nahkan pada Senin (29 November) kita telah mengamankan satu orang, yang diduga terlibat dalam tindak pidana pengeroyokan tersebut,” jelas Hendra, Kamis (2/12/2021).

2. Situasi kamtibmas sempat ‘menghangat’

Update Penanganan Kasus Pengeroyokan dan Pencurian di Tanjung BintangTangkap layar video amatir warga ramai-ramai menggeruduk Polsek Tanjung Bintang. (IDN Times/Istimewa)

Sekretaris Pokdar Kamtibmas Lampung Timur, M Muslih mengatakan, kedatangan pihaknya ke Mapolsek Tanjung Bintang menindaklanjuti perkembangan situasi kamtibmas sedikit ‘menghangat’. Itu terkait peristiwa amuk massa terjadi di Desa Sindangsari dan mengakibatkan satu korban pengeroyokan warga Desa Gunung Sugih Besar, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur meninggal dunia.

Ia menambahkan, Pokdar Kamtibmas Kabupaten Lampung Timur mengapresiasi sinergitas yang luar biasa, antara Forkopimcam Sekampung Udik, aparatur pemerintah, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda Desa Gunung Sugih Besar. Sinergi itu tetap mengedepankan penegakan hukum secara profesional, dalam rangka menangani persoalan-persoalan tersebut.

“Kami juga berterima kasih kepada pihak kepolisian di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya Polsek Tanjung Bintang, yang dapat bertindak cepat dan profesional dalam menangani persoalan hukum terkait perkara ini,” terang M Muslih.

3. Kapolres Lamtim minta semua pihak percaya kepada penegak hukum

Update Penanganan Kasus Pengeroyokan dan Pencurian di Tanjung BintangKapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution, menyampaikan rasa duka yang mendalam, kepada keluarga korban pengeroyokan tersebut. Ia berharap, semua pihak dapat terus mempercayakan langkah penanganan persoalan ini, kepada aparat penegak hukum, demi terjaganya situasi Kamtibmas yang tetap aman dan kondusif.

“Mari sama-sama kita dukung dan percayakan proses penanganan persoalan ini, kepada aparat penegak hukum. Sehingga situasi kamtibmas dapat tetap terjaga dengan baik,” ujar Zaky.

Baca Juga: Pemuda Lamtim Dihajar Massa, Warga Geruduk Polsek Tanjung Bintang 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya