Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Lampung, Ini Pesan Gubernur Arinal

Pandemik seperti kawah Candradimuka

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak masyarakat Lampung menjadi kokoh dan tangguh dalam menghadapi situasi apapun termasuk pandemik COVID-19 saat ini.

Hal tersebut disampaikan Arinal saat menjadi Inspektur Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tahun 2021 di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (17/8/2021).

Upacara ini berlangsung tertib dan khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan.

1. Harus beradaptasi dengan kebiasaan baru

Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Lampung, Ini Pesan Gubernur ArinalUpacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tahun 2021 di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (17/8/2021). (IDN Times/Kadiskominfotik Lampung).

Arinal mengatakan sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2021, pandemik seperti kawah Candradimuka yang merupakan tantangan sekaligus mengasah dan menguji kebersamaan kita.

"Itulah proses untuk bangsa yang tahan banting dan kokoh dalam setiap pertandingan," ujar Arinal.

Menurutnya, meski Indonesia khususnya Provinsi Lampung masih berjuang melawan pandemi, jangan membuat berkecil hati dan harus terus semangat.

"Oleh sebab itu kita perlu beradaptasi terhadap kebiasaan baru saat ini yang telah merubah cara-cara kehidupan bangsa untuk semakin kreatif dan inovatif menghadapi Revolusi Industri 4.0," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Ridho Hafidzar Armadhani Siswa SMAN 1 Kalirejo jadi Penggerek Bendera

2. Penghargaan tinggi kepada para nakes

Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Lampung, Ini Pesan Gubernur ArinalUpacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tahun 2021 di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (17/8/2021). (IDN Times/Kadiskominfotik Lampung).

Arinal menyebutkan, semua masyarakat khususnya jajaran pemerintah harus menjadi responsif dan konsolidatif selama pandemik. Menurutnya, birokrasi pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota hingga desa bergerak terpadu dalam penanganan COVID-19.

"Dengan sikap responsif dan terus bersinergi akan memperkokoh ketahanan bangsa khususnya di Provinsi Lampung Sai Bumi Rua Jurai tercinta," ujarnya.

Terakhir, Arinal menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan dan di rumah isolasi.

"Termasuk juga kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN  serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang," katanya.

3. Ikut upacara virtual

Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Lampung, Ini Pesan Gubernur ArinalTim Indonesia Tangguh, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Merdeka memasuki lapangan upacara pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Arinal berharap melalui peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, dijadikan sebagai titik awal bagi semua dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur.

"Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Tangguh, Indonesia Maju Lampung Berjaya," katanya.

Bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Letkol Inf. Triano Iqbal (Danyonif 143/TWEJ).
Usai upacara, Arinal menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke- 76 yang dipimpin Presiden Joko Widodo secara virtual di Balai Keratun Lt. 3, Komplek Kantor Gubernur Lampung. 

4. Jokowi pakai baju adat Lampung

Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Lampung, Ini Pesan Gubernur ArinalPimpin upacara kemerdekaan ke-76 Jokowi kenakan pakaian adat Lampung Pepadun (IDN Times/Istimewa)

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia melalui akun instagram @mbak.nunik menunggah foto presiden mengenakan pakaian adat Lampung. Ia menulis  Terimakasih pak @jokowi Selamat HUTRI ke 76. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," tulisnya.

Kebanggan masyarakat Lampung semakin lengkap lantaran paskibraka asal Lampung yakni siswa SMA Negeri 1 Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah Ridho Hafidzar Armadhani terpilih sebagai penggerek bendera di Istana Merdeka.

Baca Juga: Profil Ridho Hafidzar Armadhani, Paskibraka Nasional asal Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya