Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot Ini

Tren jumlah pemudik tiap tahun meningkat

Intinya Sih...

  • Gubernur Lampung menyatakan peningkatan jumlah pemudik pada arus balik Lebaran 2024, menekankan kesiapan infrastruktur dan pelayanan.
  • Fasilitas pelabuhan sudah memadai, namun tren jumlah pemudik selalu bertambah setiap tahun, membutuhkan kolaborasi stakeholder.
  • Kapolda Lampung menyoroti faktor keberhasilan kesiapan penanganan arus balik, termasuk menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan gangguan kamtibmas.

Lampung Selatan, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, arus balik Lebaran 2024 tidak hanya terkait kesiapan fasilitas infrastruktur tapi juga adanya penambahan jumlah pemudik pada arus balik.

"Jumlah yang kembali bertambah, jadi pada waktu datang jumlahnya x dan pada waktu kembali x plus. Tentunya kita harus memastikan kesiapan pelayanan dan jadwal penyeberangan," katanya saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral terkait Kesiapan Penanganan Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H, di Ruang Rapat VIP Kantor ASDP Bakauheni, Sabtu (13/4/2024).

1. Tren jumlah pemudik tiap tahun meningkat

Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot IniGubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024).

Terkait fasilitas pelabuhan melayani arus balik pemudik, Arinal menjelaskan semua stakeholder terkait sudah menyiapkan secara memadai. Tapi setiap tahun, tren jumlah pemudik selalu bertambah.

"Saya melihat, semua fasilitas yang kita siapkan sudah sangat memadai tetapi jumlah penduduk selalu bertambah. Ini yang membuat bagaimana ini berkorelasi dengan baik didalam kesiapan pelayanan dan infrastruktur. Saya yakin tidak ada masalah, karena semua pihak sudah bekerja maksimal," kata gubernur.

Baca Juga: H+1 Arus Balik, Penumpang Bakauheni Tertinggi Dibanding Arus Mudik

2. Sesuaikan jadwal pulang dengan jadwal masuk kerja dan sekolah

Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot IniSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Gubernur juga menginginkan agar seluruh stakeholder terkait, khususnya media, agar secara masif mempublikasikan jadwal keberangkatan dari pelabuhan bakauheni dan lain-lainnya. Tujuannya, informasi tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Arinal mengimbau masyarakat agar dapat memperkirakan jadwal keberangkatan yang disesuaikan dengan jadwal libur sekolah atau masuk kantor para pemudik supaya tidak terjadi penumpukan saat puncak arus balik.

3. Kapolda beber kunci keberhasilan layanan arus balik

Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot IniSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menuturkan, kunci keberhasilan kesiapan penanganan arus balik tidak hanya terletak pada lancarnya arus penyeberangan. Namun juga ditentukan oleh faktor lain di antaranya menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan menurunnya angka gangguan kamtibmas.

"Saya sampaikan disini bahwa H+3 lebaran, situasi dan kondisi Provinsi Lampung dalam keadaan kondusif. Gangguan kamtibmas juga tidak ada yang signifikan, kecelakaan lalu lintas juga demikian," ungkap Helmy.

4. Polda Lampung petakan wilayah rawan bencana

Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot IniIlustrasi banjir (IDN Times/Istimewa)

Untuk mendukung kelancaran arus balik, Polda Lampung telah memetakan wilayah-wilayah di Provinsi Lampung yang memiliki tingkat kerawanan terjadinya bencana seperti longsor, baik yang melalui jalur lintas barat, lintas timur maupun lintas tengah.

Melalui kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh stakholder, Kapolda Lampung menjelaskan, telah menyiagakan alat berat pada titik wilayah yang memiliki tingkat kerawanan.

"Dari hasil koordinasi, semua alat berat sudah on position sehingga kalau terjadi, dalam hitungan cepat harus sudah bisa tertangani kecuali kalau itu perlu penanganan lebih dari satu hari, harus diputar balik," jelas kapolda.

Baca Juga: Cerita Pemudik Motor, Ingin ke Pelabuhan Panjang Malah ke Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya