Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel Pertama

Catat, peserta positif COVID-19 bisa ujian susulan

Lampung Selatan, IDN Times - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Lampung mulai digelar, Selasa (14/9/2021). Tes dilaksanakan di l Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Gedung Laboratorium Teknik 3 Jalan Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan jadi yang pertama penyelenggara SKD CASN Tahun 2021 di Provinsi Lampung. Berbagai persiapan dilakukan BKD Lampung Selatan bekerjasama dengan pihak ITERA untuk menyukseskan hajatan bagi pejuang NIP (Nomor Induk Kepegawaian) tersebut.

Bahkan, Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Julia Leli Kurniatri beserta jajaran meninjau langsung pelaksanaan SKD CASN di Kabupaten Lampung Selatan

1. Tes SKD formasi Lamsel digelar 14-16 September

Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel PertamaSeleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Lampung mulai digelar, Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin mengatakan, persiapan sudah dilakukan maksimal. "Jangan sampai ada peserta yang kecewa dengan penyelenggaraan CPNS ini,” ujarnya

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lampung Selatan, Puji Sukanto menyebut, SKD CASN formasi Lampung Selatan akan dilaksanakan 14-16 September 2021.

“Ya, kita (Lampung Selatan) yang pertama. Persiapannya harus ekstra, karena kita jadi penyelenggara pertama dan menjadi contoh kabupaten/kota lainnya,” katanya. 

Baca Juga: Jadwal Tes SKD CASN Bandar Lampung, Positif COVID-19 Bisa Ikut Tes? 

2. Tes dibagi tiga sesi

Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel PertamaSeleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Lampung mulai digelar, Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Puji menjelaskan, penyelenggaraan SKD setiap harinya terbagi menjadi tiga sesi. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. 

Tahapannya, peserta SKD CPNS pada sesi I dimulai pukul 06.30-08.00 melakukan registrasi serta pemberian PIN, penitipan barang, dan body checking.

Kemudian, peserta akan memasuki ruang tunggu steril, dan peserta akan berpindah dari ruang steril ke ruang ujian.

Begitu pula dengan sesi II dan III, dilakukan tahapan serupa disertai penyemprotan disinfektan sebelum peserta memasuki ruang ujian.

3. Peserta positif COVID-19 bisa ujian susulan

Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel PertamaPetugas medis melakukan rapid test menggunakan rapid test buatan anak negeri RI-GHA COVID-19 di Gedung Kemenko PMK, Kamis (9/7/2020) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelum pelaksanaan tes, ruangan yang menjadi tempat ujian dilakukan penyemprotan disinfektan. Puji mengingatkan kepada peserta mengikuti SKD CASN agar mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan serta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes) agar tidak terjadi penularan kasus COVID-19.

“Ketika tes ikuti prosedurnya dan tetap disiplin prokes. Jangan lupa pakai masker tiga lapis ditambah masker kain di bagian luar (double masker). Jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” papar Puji. 

Ia juga meminta agar setiap peserta SKD CPNS menjaga kesehatannya. Harapannya, pada saat seleksi dilakukan tidak jatuh sakit.

“Jika ada peserta yang positif (COVID-19) segera lapor ke panitia. Supaya pelaksanaan tesnya bisa menyusul. Kita juga sudah menyiapkan ruang khusus bagi peserta bersuhu diatas 37 derajat ,” katanya.

4. SKD CASN formasi Lamsel diikuti 2.106 peserta

Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel PertamaPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Kepala Bidang Pengadaan dan Perpindahan Pegawai BKD Kabupaten Lampung Selatan, Agus Dwi Jono menerangkan, jumlah peserta CASN yang akan mengikuti SKD sebanyak 2.106 orang. Sedangkan jumlah peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru berjumlah 55 orang.

“Untuk CPNS dan PPPK Non Guru, pelaksanaan SKD-nya di Kampus ITERA. Sedangkan PPPK Guru itu dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkoordinasi dengan dinas pendidikan, dan lokasi tesnya di SMA/SMK daerah setempat,” kata pria yang juga Ketua Pelaksana Tes SKD Kabupaten Lampung Selatan ini

Baca Juga: ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya