Sorotan Dua Menteri dan Dirut ASDP Saat Sambangi Pelabuhan Bakauheni

Cek berbagai kesiapan jelang libur Nataru

Lampung Selatan, IDN Times - Direktur utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi memrediksi akan terjadi lonjakan sekitar 26 persen dibanding 2020 pengguna jasa layanan penyeberangan di berbagai pelabuhan, termasuk Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Prediksi itu berdasarkan perhintungan kondisi layanan penyeberangan laut mulai pulih atau sudah mendekati sebelum terjadinya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Sistem kami Ferizy sudah ada peningkatan dalam hal integrasi dengan sistem PeduliLindungi. Itu dapat mengetahui penggunaan jasa sudah mendapatkan vaksin dan antigen,” jelasnya saat berkunjung ke Pelabuhan Bakauheni bersama menteri perhubungan dan menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia, Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Lamsel, Rumah Roboh hingga Jembatan Ambrol

1. Soroti cuaca ekstrem

Sorotan Dua Menteri dan Dirut ASDP Saat Sambangi Pelabuhan BakauheniPotensi La Nina di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Ira mengatakan, guna mengantisipasi kemacetan atau kepadatan kendaraan di area pelabuhan, pihaknya bakal memberlakukan sistem stoper di kilometer 20. Selain itu penerapan protokol kesehatan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLidungi.

Ia juga menyoroti cuaca ekstrem terjadi pekan ini dan diprediksi terjadi hingga akhir tahun. Ia meminta pengelola pelabuhan penting memberikan informasi kepada pengguna jasa sehingga tahu apa yang menjadi masalah keterlambatan proses bongkar dan muat.

“Kemarin sepertinya dikapal-kapal belum ada keseragaman untuk menginformasikan bahwa faktor cuaca. Hak konsumen untuk mendapatkan informasi masih belum maksimal” tutur Ira.

2. Pengguna jasa diminta patuhi prokes dan sudah divaksin

Sorotan Dua Menteri dan Dirut ASDP Saat Sambangi Pelabuhan BakauheniDirut PT ASDP,  menteri perhubungan dan menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia kunjungi Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (11/12/2021). (IDN Times/Istimewa).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Effendi mengatakan pada libur Nataru tahun ini sudah tidak lagi menerapkan sistem penyekatan. Namun, para pengguna jasa harus lebih mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta sudah mendapatkan vaksin baik dosis 1 dan dosis 2.

“Mengingat wabah COVID-19 masih ada di sekitar kita dan sekarang ada varian baru yang kita tidak tahu bagaimana karakteristiknya. Diharapkan para pengguna jasa harus lebih mematuhi protokol kesehatan yang ada untuk menjaga adanya kasus baru nantinya” jelasnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan, pemerintah daerah untuk terus meningkatkan vaksinasi serta kita harus tetap mengedepankan koordinasi antara lintas sektoral. ”Saya berpesan kepada bapak bupati untuk meningkatkan vaksinasi. Jadi bagi yang belum vaksin kedua harus vaksin sebagai syarat perjalanan dan selalu tingkat koordinasi antar lintas sektoral,” ujarnya.

3. Kakorlantas minta polisi di Lampung laksanakan traffic flow menuju pelabuhan

Sorotan Dua Menteri dan Dirut ASDP Saat Sambangi Pelabuhan BakauheniPelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi menuturkan, rekan-rekan Polri yang ada di Lampung untuk melaksanakan traffic management. Khususnya traffic flow menuju dan dari pelabuhan.

“Kita harapkan hambatan dan penyumbatan yang terjadi karena antrean bisa terkendali dengn baik. Maka saya harapkan yang bertugas dikantong-kantong parkir dapat berkoordinasi dengan pihak pelabuhan agar tidak terjadinya kepadatan didalam pelabuhan,” jelasnya.

Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menyampaikan, tidak adanya penyekatan pada libur Nataru tahun ini merupakan langkah yang baik. Tapi disisi lain, kabupaten setempat sebagai pintu gerbang Sumatera masih terkendala stok vaksin COVID-19.

”Saya ingin menyampaikan kepada pak menteri bahwasanya kami Lampung Selatan masih kekurangan vaksin. Jadi kami berharap adanya bantuan vaksin agar program vaksinasi kami dapat segera terselesaikan,” ujarnya.

Baca Juga: Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai Lokasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya