Seluruh Jemaah Haji Lampung 2023 Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Tiga jemaah meninggal di Tanah Suci

Bandar Lampung, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung menyatakan, rombongan jemaah haji asal daerah setempat semuanya sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Ini ditandai masuknya rombongan terakhir jemaah haji Provinsi Lampung ke Asrama Rajabasa, Kamis (15/6/2023).

Jemaah rombongan terakhir masuk kloter 65 ini berjumlah 89 jemaah. Mereka akan bergabung dengan jemaah lain dari luar Provinsi Lampung.

Baca Juga: Pelunasan BPIH 204 CJH Kuota Haji Tambahan Lampung 12 Juni 2023

1. Ada 13 jemaah gagal berangkat

Seluruh Jemaah Haji Lampung 2023 Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci392 jemaah haji 2022 tiba di Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo, mengatakan seluruh jemaah haji Lampung 2023 totalnya 7.229 orang. Jumlah tersebut terdiri dari jemaah dan petugas berjumlah 92 orang.

Dari total tersebut, ada 13 jemaah haji asal Lampung tidak jadi atau gagal berangkat ke Tanah Suci. Mereka terdiri dari 8 orang sebelum masuk asrama dan 5 orang sudah masuk asrama.

Dari jemaah berangkat ini imbuh Puji, terdapat 5.551 jemaah masuk kategori Risti (risiko tinggi). Dari sisi usia, sebanyak 5.233 jemaah berumur di bawah 60 tahun dan 2.528 jemaah di atas 60 tahun.

“Seluruh JCH asal Lampung gelombang pertama sudah masuk Makkah. Gelombang kedua secara berangsur juga sudah memasuki Makkah dan sebagian besar sudah melaksanakan umrah wajib,” katanya.

2. Tiga jemaah haji Lampung meninggal

Seluruh Jemaah Haji Lampung 2023 Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci(Ilustrasi orang meninggal) IDN Times/Mia Amalia

Puji mengatakan, ada tiga jemaah haji asal Lampung meninggal dunia. Berdasarkan ketentuan akan dibadalkan oleh petugas yang ditunjuk dari PPIH Arab Saudi.

Terkait biaya badal lanjutnya, ditanggung pemerintah. Selain akan dibadalkan, jemaah meninggal dunia juga akan mendapatkan asuransi.

Asuransi ini diberikan kepada jemaah yang meninggal saat sudah masuk embarkasi, di Madinah atau di Makkah atau juga di masyair. Untuk jemaah meninggal di pesawat atau boarding, akan mendapat asuransi haji biasa dan asuransi penerbangan. Pembayaran asuransi akan diberikan selesai penyelenggaraan haji.

3. Petugas terus dampingi jemaah

Seluruh Jemaah Haji Lampung 2023 Sudah Diberangkatkan ke Tanah SuciIlustrasi Petugas Haji Daerah. (IDN Times/Istimewa)

Puji menjelaskan, saat ini para petugas haji terus mendampingi jemaah. Pendampingan misalnya, mencari jemaah yang tersesat di jalan untuk diantarkan ke pemondokan.

Ada juga kejadian koper atau barang bawaan jemaah tercecer di wilayah lain, juga disisir dan dicari oleh petugas kemudian diantarkan kepada pemiliknya. “Jemaah pengguna kursi roda didampingi oleh petugas dan dicarikan jasa pendorong dimasjid haram,” paparnya.

“Mudah-mudahan ibadah para jemaah haji sudah berada di Tanah Suci akan dapat dilaksanakan dengan lancar. Semoga seluruh jemaah haji diberikan kekuatan dan dilindungi oleh Allah sehingga bisa menyelesaikan rangkaian ibadah dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Baca Juga: 28 Calon Jemaah Haji 2023 Bandar Lampung Gagal Berangkat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya