Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai Lokasi

Tiap titik personel periksa pelaku perjalanan

Lampung Selatan, IDN Times - Operasi Lilin Krakatau 2021 dan menghadapi pelaksanaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polres Lampung Selatan akan menyiapkan 7 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Selasa (7/12/2021) saat rapat koordinasi (Rakor) bersama pihak ASDP Indonesia Ferry (Persero) Pelabuhan Bakauheni.

1. Rincian pos pelayanan di berbagai titik

Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai LokasiSuasana bongkar muat di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing),

Edwin menjelaskan, Pos Pelayanan didirikan di Bandara Radin Inten II Natar disiagakan 11 personel. Sedangkan Pos Terpadu di area Pelabuhan Bakauheni mengerahkan sebanyak 41 personel.

Di Pos Pengamanan (Pos Pam), bakal didirikan di Rest Area KM 87 A Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lematang/Kotabaru. Di sini akan dikerahkan sebanyak 87 personel. Sedangkan di Pos Pam Pasir Putih Katibung, ditempatkan sebanyak 30 personel dan Pos Pam Merak Belantung Kalianda akan ditempatkan sebanyak 11 personel.

Di Pos Pam Rest Area KM 20 B, dikerahkan sebanyak 21 personel, Pos Pam Exit Tol Hatta ditempatkan sebanyak 11 personel. Begitu juga di  Pos Pam Pelabuhan BBJ ditempatkan sebanyak 11 personel, dan Pos Pam Pintu keluar Pelabuhan Bakauheni 7 personel. ” paparnya.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 1 Tersangka dan 3 DPO Kasus Pengeroyokan di Lamsel

2. Pelaku perjalanan diperiksa PeduliLindungi

Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai Lokasidokumen pribadi

Kapolres mengatakan, tugas para personel ditempatkan di setiap Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu tersebut selain melakukan pengamanan terhadap orang, juga melakukan pemeriksaan terhadap orang yang akan menyeberang ke Pulau Jawa. Pemeriksaan melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Sedangkan untuk mengurai kemacetan saat Nataru, pihaknya akan menyiapkan Pos pemeriksaan syarat menyeberang di Area Rest Area KM 33 Exit Tol Hatta dan Pos BBJ. Kemudian untuk mengurangi kemacetan di area pelabuhan diharapkan agar pihak pelabuhan dapat menyiapkan tempat taping tiket.

"Sehingga nantinya tidak terjadi kemacetan akibat antri\ean yang panjang,” ujarnya.

3. Layani penjualan tiket di rest area KM 20

Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai LokasiMarak terjadi kecelakaan, PT HK dan PJR Polda Lampung lakukan penindakan speed gun di JTTS, Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

General Manager ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni, Solikin menjelaskan, untuk pelayanan tiket pihaknya situasional atau melihat kondisi di lapangan. Namun, untuk mengurai kemacetan terjadi di area pelabuhan, pihaknya juga melayani penjualan tiket di Rest Area KM 20.

“Sehingga dapat mencegah adanya antrean yang akan terjadi di Pelabuhan,” paparnya.

Solikin mengatakan, dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19, pihaknya akan menguatkan stoper sterilisasi di area Pelabuhan Bakauheni. “Sehingga nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

4. Organda Lamsel minta di Pelabuhan Bakauheni sedia area parkir luas pengecekan persyaratan perjalanan

Sambut Nataru, Polres Lamsel Siapkan 7 Pos Pengamanan Berbagai LokasiIlustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Ketua Organda Lampung Selatan, Ivan Rizal menyampaikan, pihaknya sangat mendukung dan mensukseskan Operasi Lilin Krakatau 2021 Polres Lampung Selatan. Namun demikian ia meminta kepada pihak pelabuhan agar dapat mempersiapkan waktu pelayanan pembelian tiket kepada para pengguna jasa.

“Demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa penyeberangan, dimohon kepada para petugas yang melakukan pengecekan persyaratan perjalanan seperti rapid test dan lainnya, hendaknya menyiapkan area parkir yang luas. Biar para pengguna jasa merasa nyaman dan aman,” jelasnya.

Perwakilan BPTD Panjang menjelaskan, pihaknya mendukung Operasi Lilin Krakatau 2021 yang akan dilaksanakan oleh Polres Lamsel. Untuk itu, akan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan dan penyeberangan saat pelaksanaan Nataru.

Baca Juga: Lamsel Lokus Target Program Nasional Keamanan Pangan 2021 BBPOM

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya