Rekayasa Lalu Lintas Kalianda Berlaku Pertengahan April, Ini Lokasinya

Berlaku pertengahan April 2022 untuk motor dan mobil

Lampung Selatan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama jajaran terkait, akan melaksanakan rekayasa lalu lintas di dalam Kota Kalianda. Rencananya, rekayasa lalu lintas akan diterapkan mulai pertengahan April 2022 mendatang.

Rekayasa dengan mengubah arus lalu lintas ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sekaligus memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan kepada para pengguna jalan yang melintasi Kota Kalianda.

Rincian titik rekayasa

Rekayasa Lalu Lintas Kalianda Berlaku Pertengahan April, Ini LokasinyaIlustrasi lalu lintas. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Rekayasa lalu lintas tersebut kendaraan roda 2 dan 4 dari arah Bakauheni-Bandar Lampung akan diarahkan untuk masuk ke Kota Kalianda, melalui simpang Fajar lurus menuju simpang Kejaksaan. Kemudian, pengendara akan kembali diarahkan menuju simpang Hotel Kalianda lalu keluar lewat simpang Simpur Kodim.

Sementara, pengalihan kendaraan roda 2 dan 4 dari arah Bandar Lampung-Bakauheni akan dilakukan mulai dari simpang jalan GOR Way Handak, melewati Destinasi Agro Wisata Lampung Selatan dan keluar di simpang Polsek Kalianda.

Baca Juga: Mantul! Polres Lamsel Amankan 114 Kg Sabu dan Tangkap 11 Pengedar

Gebrakan awal kembangkan potensi daerah

Rekayasa Lalu Lintas Kalianda Berlaku Pertengahan April, Ini LokasinyaMenara Siger. (Facebook Menara Siger Bakauheni).

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Darmawan mengatakan, penerapan rekayasa jalan tersebut merupakan gebrakan awal dilakukan pemerintah daerah bersama jajaran terkait. Tujuannya, mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Selatan.

“Salah satunya juga bagaimana caranya supaya perekonomian Lampung Selatan bisa lebih maju, kalau tidak dimulai dari sekarang mungkin tidak akan dimulai sampai kapanpun. Maka dari itu kita coba,” jelasnya, Sabtu (9/4/2022).

Potensi bukan hanya berkembang area pantai dan laut

Rekayasa Lalu Lintas Kalianda Berlaku Pertengahan April, Ini LokasinyaPantai Embe Kalianda Lampung Selatan. (Instagram.com/@tamsorymuhammad).

Menurut Darmawan, diterapkannya rekayasa lalu lintas di dalam Kota Kalianda, masyarakat luar daerah melintasi Lampung Selatan akan melihat keindahan alam ataupun berbagai destinasi wisata yang terdapat kabupaten berjuluk Khagom Mufakat tersebut.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan para pengguna jalan menjadi tertarik untuk mampir dan menikmati keindahan alam Lampung Selatan. Sehingga, perekonomian masyarakat pun perlahan akan bangkit dan berkembang.

“Dengan kita alihkan ini, orang akan melihat dan nanti di sini akan ada pertumbuhan baru. Jadi Kota Kalianda ini bukan hanya berkembang ke arah pantai atau lautnya saja. Nah kita arahkan keluar dari simpang Polsek Kalianda itu, karena masih banyak yang akan kita promosikan, terutama ada Kebun Edukasi juga disitu dan Masjid Agung Kalianda,” ungkapnya lebih lanjut.

Tanggapan Satlantas Polres Lampung Selatan

Rekayasa Lalu Lintas Kalianda Berlaku Pertengahan April, Ini LokasinyaPara personel Polantas saat ikut apel gabungan operasi zebra di Mapolda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Kanit Lakalantas Satlantas Polres Lampung Selatan, Ipda Fery Gunawan menyarakan, agar lebih memperhatikan teknis penerapan rakayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan di sekitaran Kota Kalianda.

Mulai dari rambu-rambu lalu lintas hingga personel yang akan mengarahkan kendaraan. Harapannya, dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Intinya kan kita ini ingin merekayasa lalu lintas, kita harus siapkan dulu rambu-rambu lalu lintas terutama. Yang kedua personel, apakah personel ini sanggup berdiri dari pagi, karena kita rekayasa jalan dari Bakauheni dan semua kendaraan tidak bisa masuk, kalau semua kendaraan bisa masuk jalan bisa kita tutup, kita alihkan,” kata Fery.

Baca Juga: Terima Upah Rp1 Juta, Sopir Nekat Angkut Daging Celeng Ilegal 720 Kg

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya