Ratusan Warga Desa Karang Brak Tanggamus Kini Nikmati Listrik

Salah satu desa dari tujuh desa belum berlistrik di Tanggamus

Tanggamus, IDN Times - PT PLN (Persero) kembali berhasil menyalakan ratusan rumah warga di Pekon (Desa) Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. Pekon Karang Brak merupakan salah satu desa dari tujuh desa belum berlistrik di Kabupaten Tanggamus.

Keberhasilan PT PLN (Persero) menyalakan listrik di Pekon Karang Brak merupakan wujud nyata hadirnya negara dalam mewujudkan energi listrik berkeadilan.

1. Jumlah desa telah berlistrik terus meningkat

Ratusan Warga Desa Karang Brak Tanggamus Kini Nikmati Listrikn ratusan rumah warga di Pekon Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Tanggamus. (Dok PLN).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, I Gede Agung Sindu Putra menuturkan, jumlah desa telah berlistrik terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2021 rasio desa berlistrik sebesar 99,43 persen dan tahun 2022 sebesar 99,55 persen.

"Pada kuartal pertama tahun 2023 ini PLN berhasil melakukan penyalaan listrik di Pekon Karang Brak. Masih tersisa enam desa lagi di Kabupaten Tanggamus yang terus dikebut pekerjaan pembangunannya walaupun dengan akses dan medan yang berat," ujarnya, Senin (6/3/2023)

Baca Juga: HUT Ke-25 Kementerian BUMN, PLN Lampung Dukung Potensi UMK

2. Dukung pemerintah meningkatkan rasio desa berlistrik

Ratusan Warga Desa Karang Brak Tanggamus Kini Nikmati Listrikn ratusan rumah warga di Pekon Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Tanggamus. (Dok PLN).

Sindu berkomitmen, PLN akan terus mendukung pemerintah meningkatkan rasio desa berlistrik khususnya di wilayah Provinsi Lampung. Tentunya, hal tersebut sejalan dengan upaya PLN dalam mewujudkan energi yang berkeadilan.

"Masyarakat yang berada di pelosok desa terpencil, terlebih sampai dengan saat ini masih belum dapat mengakses listrik, tentunya mereka memiliki hak yang sama untuk menikmati energi listrik. Untuk itu, PLN akan terus berupaya mewujudkannya," ucapnya.

3. Bangun jaringan JTM dan JTR

Ratusan Warga Desa Karang Brak Tanggamus Kini Nikmati Listrikn ratusan rumah warga di Pekon Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Tanggamus. (Dok PLN).

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK) Lampung, Badruzzaman menjelaskan, PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 10 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4,5 kms dan trafo gardu distribusi sebanyak 3 unit berkapasitas 100 kva di Pekon Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus.

"Penyalaan listrik di Pekon Karang Brak merupakan kelanjutan dari Pekon Teluk Brak yang telah menyala di tahun 2022. Masih ada enam desa lagi di Kecamatan Pematang Sawa yang targetnya selesai di tahun 2023 ini," jelasnya.

4. Terdapat 13 desa lagi belum berlistrik di Provinsi Lampung

Ratusan Warga Desa Karang Brak Tanggamus Kini Nikmati ListrikPT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Lampung akan menghadirkan ‘terang” di delapan desa Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus. (IDN Times/PLN UID Lampung).

Berdasarkan data, terdapat 13 desa lagi belum berlistrik di Provinsi Lampung. Menurut Badruzzaman, semua desa di Provinsi Lampung terutama pada desa tidak terkendala baik secara teknis, administrasi dan perijinan ditargetkan berlistrik di tahun 2023.

"Melistriki desa, bukan sekadar mengejar pencapaian kinerja, tetapi bagian dari upaya PLN untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Lestarikan Hutan Mangrove, PLN Lampung Diganjar IGA Awards 2023

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya