Puncak Arus Balik di Lampung, Kantong Parkir di Bakauheni Penuh

Kapolda akui terjadi peningkatkan signifikan kendaraan

Intinya Sih...

  • Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni meningkat signifikan H+3 lebaran 2024, pemudik terlihat merayap masuk ke area pelabuhan.
  • Kantung parkir enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif dipenuhi kendaraan pemudik, menimbulkan antrean dan durasi waktu menunggu sekitar 30 menit.
  • Peningkatan volume kendaraan telah terjadi sejak Jumat hingga Minggu (12-14 April 2024), Kapolda Lampung mengatur strategi agar arus lalu lintas tetap lancar.

Lampung Selatan, IDN Times - Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan terpantau meningkat signifikan H+3 lebaran 2024, Minggu (14/4/2024) malam. Itu terjadi sejak pukul 20.00 - 23.50 WIB, pemudik berkendara terlihat pada merayap masuk ke area pelabuhan.

Kedatangan para pemudik di malam diprediksi puncak arus balik ini terjadi hampir secara berbarengan. Alhasil, kondisi itu menimbulkan antrean di kantung-kantung parkir pelabuhan.

Baca Juga: Menko PMK dan Menhub Icip-icip Dapur Lapangan Brimob, Kasih Jempol

1. Kantong parkit tujuh dermaga penuh

Puncak Arus Balik di Lampung, Kantong Parkir di Bakauheni PenuhVolume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan terpantau meningkat signifikan H+3 lebaran 2024, Minggu (14/4/2024) malam. (IDN Times/Istimewa).

Hasil pantauan lainya hampir semua kantung parkir enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif dipenuhi kendaraan pemudik. Durasi waktu menunggu di kantung parkir terhitung sekitar 30 menit hingga kendaraan masuk kapal.

Dari data ASDP, peningkatan volume kendaraan pemudik ini telah terjadi sejak Jumat hingga Minggu (12-14 April 2024). Periode 13 April 2024 misalnya, jumlah kendaraan yang masuk area pelabuhan tercatat mencapai 28.000 unit.

2. Kapolda akui terjadi peningkatkan signifikan kendaraan

Puncak Arus Balik di Lampung, Kantong Parkir di Bakauheni PenuhSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Terkait hal itu, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika membenarkan terjadi peningkatan yang signifikan dalam hari yang diprediksi menjadi puncak arus balik. "Benar, ada peningkatan volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni pada malam ini," kata Helmy saat diwawancarai di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni, Minggu malam.

Dia mengatakan, jika melihat data yang tercatat pada hari sebelumnya, diperkirakan lebih dari 30.000 kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Minggu malam.

Kapolda menambahkan, meski demikian arus lalu lintas masih dalam kondisi normal-padat-lancar. Kepolisian telah mengatur strategi agar pemanfaatan kantung-kantung parkir di dermaga bisa optimal. "Sementara ini belum diberlakukan delaying system. Status pelabuhan masih hijau," kata dia.

3. KM 20B screening tiket terakhir

Puncak Arus Balik di Lampung, Kantong Parkir di Bakauheni PenuhVolume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan terpantau meningkat signifikan H+3 lebaran 2024, Minggu (14/4/2024) malam. (IDN Times/Istimewa).

Helmy tak menampik, ada juga peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Lampung mulai dari akses masuk rest area KM 20B. "Ini strategi agar kendaraan tidak terlalu menunggu lama masuk area pelabuhan. Ketika kendaraan sudah masuk kendaraan, kita alirkan lagi dari rest area ke pelabuhan," katanya.

Rest area KM 20B ini juga menjadi screening tiket terakhir sebelum pemudik masuk pelabuhan. Sehingga jika belum memiliki tiket diwajibkan melakukan pembelian di rest area ini.

"Kita imbau agar masyarakat tetap bersabar. Kondisi memang ramai namun mengalir. Jangan terburu-buru sehingga melupakan keselamatan," katanya.

Baca Juga: Pemudik di Pelabuhan Panjang Dikasih Es Krim dari Menteri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya