Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta Rupiah

Aiptu Supriyanto anggota Pospam Polres Lampung Tengah

Intinya Sih...

  • Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik senilai 100 juta di toilet Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera.
  • Supriyanto mengumumkan penemuan tas menggunakan TOA Masjid dan berhasil mengembalikannya kepada pemiliknya.
  • Tas tersebut milik Sukisno (55) yang hendak pulang ke Belitang, Sumatra Selatan setelah berlibur ke Pulau Jawa.
  • Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik senilai 100 juta di toilet Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera.
  • Ia mengumumkan temuan tersebut melalui TOA Masjid, dan berhasil mengembalikan tas beserta isinya kepada pemiliknya.
  • Pemilik tas, Sukisno (55), sangat berterima kasih atas kebaikan Aiptu Supriyanto yang telah mengembalikan barangnya dengan cepat.

Lampung Tengah, IDN Times - Aiptu Supriyanto anggota Polri berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah menemukan tas pemudik tertinggal di toilet.

Saat menemukan tas pemudik tersebut, langsung bergegas mengumumkannya menggunakan TOA Masjid di Rest Area setempat, lalu mengembalikannya.

Baca Juga: H+2 Arus Balik, 202.822 Penumpang Menyeberang dari Lampung ke Banten

1. Kronologi penemuan di toilet

Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta RupiahIlustrasi toilet modern (pixabay.com/Mariakray)

Peristiwa itu terjadi saat arus balik lebaran 1445 H, Minggu (14/4/2024) sekira pukul 07.00 WIB di Rest Area KM 116 A, Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni - Palembang, wilayah Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Pada saat itu kondisinya sedang ramai pemudik beristirahat.

Aiptu Supriyanto awalnya sedang melakukan patroli jalan kaki sekaligus memberikan imbauan di lokasi sekitar tempat peristirahatan pemudik.

"Saat sedang patroli, saya temukan tas pemudik yang tertinggal dengan posisi tergantung di tembok toilet umum no 3 Rest Area," katanya.

2. Tas berisi uang tunai Rp100 juta dan barang berharga

Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta Rupiahilustrasi uang THR (vecteezy.com/miftachul_huda)

Saat menemukan tas tersebut, ia tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB Rest Area.

"Saat dibuka, isinya uang tunai pecahan lebih kurang senilai 100 juta. Selain itu ada barang berharga berupa HP, Paspor dan dompet yang berisi identitas pemilik," terangnya.

Tak menunggu lama, ia langsung mencari pemilik dengan mengumumkan melalui TOA Masjid dan melakukan panggilan telepon ke nomor kerabat yang ada. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid Rest Area lalu mengembalikan tas pemudik itu.

3. Milik pemudik asal Sumsel

Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta RupiahIlustrasi Gerbang Tol ITERA Kotabaru. IDN Times/Martin L Tobing.

Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik hendak pulang ke Belitang, Sumatra Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa. "Saat itu, yang ada dalam pikiran saya, pokoknya tas ini harus segera kembali ke yang punya," kata Aiptu Supriyanto

"Sebelum sang pemilik tas melanjutkan perjalanannya kembali, makanya respons saya cepat untuk mengembalikan barang pemudik itu sebelum jauh," ungkapnya.

Aksi Supriyanto menyita perhatian masyarakat, para pemudik yang ada di Rest Area setempat. Sukisno dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Aiptu Supriyanto yang telah menemukan dan mengembalikan tasnya.

Baca Juga: Fenomena Anak Jalanan di Lampung, Praktik Manusia Silver Terorganisir

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya