Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik 13-15 April 2024

Para pemudik diimbau dapat mempersiapkan diri

Intinya Sih...

  • Puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada 13-15 April 2024.
  • Pemudik diimbau untuk menghindari tanggal tersebut, terutama yang akan kembali dari Sumatra menuju ke Jawa via Pelabuhan Bakauheni.
  • Kerja sama pemudik diharapkan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan antrean panjang saat naik kapal laut, dengan memilih tanggal alternatif dan mempersiapkan kondisi fisik serta tiket penyeberangan.

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2024 bakal terjadi 13-15 April 2024. Para pemudik diimbau dapat mempersiapkan diri dan menghindari tanggal-tanggal tersebut.

Baca Juga: Fakta Unik Arus Mudik 2024 Pelabuhan Bakauheni H-10 hingga H-1

1. Bagi pemudik dari Sumatra ke Jawa

Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik 13-15 April 2024Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Martin L Tobing).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, imbauan ini ditujukan kepada masyarakat. Terkhusus yang akan kembali dari Sumatra menuju ke Jawa via penyeberangan Pelabuhan Bakauheni.

"Dari prediksi kami, puncak arus balik Lebaran tahun ini terjadi pada 13, 14, 15 April, termasuk di Pelabuhan Bakauheni," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (11/4/2024).

2. Hindari tanggal puncak arus balik

Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik 13-15 April 2024Suasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Umi melanjutkan, kepolisian daerah dan jajaran meminta kerja sama kepada para pemudik untuk bisa menghindari tanggal-tanggal puncak arus balik tersebut. Tujuannya, guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas hingga menghindari antrean panjang menaiki kapal penyeberangan menuju Jawa.

"Saat arus balik, ada baiknya memilih tanggal alternatif lain, agar dalam perjalanannya bisa lancar, nyaman, dan tidak terlalu lama menunggu antrean saat akan naik kapal laut di Pelabuhan Bakauhuni," pintanya.

3. Ada delaying system dan screening tiket

Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik 13-15 April 2024Suasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Para pemudik turut diminta mempersiapkan diri dengan baik mulai dari kesiapan kondisi fisik hingga kendaraan digunakan dalam perjalanan.

Termasuk memastikan telah memiliki tiket penyeberangan sebelum bertolak dari rumah menuju Pelabuhan Bakauheni. Itu karena, akan dilakukan delaying system sekaligus screening tiket pada titik-titik buffer zone jalan tol maupun jalan arteri.

"Mari kita sama-sama menciptakan kelancaran kondisi lalu lintas pada arus balik Lebaran 2024 di Provinsi Lampung yang aman dan nyaman," tandas mantan Kapolres Metro tersebut.

Baca Juga: Catat! Tiket Kedaluwarsa Arus Balik Bakauheni Tidak Hangus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya