Penerapan Delaying System di Buffer Zone, Kapolda: Pemudik Harap Sabar

Ada apa perjalanan pemudik ditunda?

Intinya Sih...

  • Pemudik diminta bersabar saat memasuki buffer zone sebelum Pelabuhan Bakauheni.
  • Polda Lampung menerapkan delaying system untuk kelancaran penyeberangan di pelabuhan.
  • Tiket ferry tidak akan kadaluwarsa selama 24 jam setelah check-in di pelabuhan, serta penerapan delaying system di beberapa lokasi strategis.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemudik pada arus balik Lebaran 2024 diminta bersabar saat memasuki buffer zone sebelum mencapai Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Itu lantaran ditetapkan dekat system apabila kondisi kendaraan pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan padat. 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Lampung, Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika saat ditemui di Mapolda Lampung, Jumat (12/5/2024).

Baca Juga: Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan Bakauheni

1. Tujuan perjalanan ditunda

Penerapan Delaying System di Buffer Zone, Kapolda: Pemudik Harap SabarPelabuhan Bakauheni Lampung Selatan mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Martin L Tobing).

Helmy mengatakan, penundaan perjalanan yang diberlakukan oleh Polda Lampung bertujuan untuk memastikan kelancaran penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni.

"Diharapkan agar tetap bersabar ketika memasuki buffer zone. Kami menerapkan sistem penundaan perjalanan untuk mencegah penumpukan kendaraan di area parkir pelabuhan," ujar jenderal bintang dua ini.

2. Tiket penyeberangan selama 24 jam tidak hangus

Penerapan Delaying System di Buffer Zone, Kapolda: Pemudik Harap Sabarfoto hanya ilustrasi (IDN Times/Martin L Tobing).

Helmy menegaskan, pemudik pada arus balik tidak perlu khawatir tentang status tiket kapal mereka. Itu lantaran, ASDP telah menetapkan kebijakan di mana tiket ferry tidak akan kadaluwarsa selama 24 jam setelah check-in di pelabuhan.

Sistem penundaan juga akan diterapkan untuk pemudik yang menggunakan jalan tol maupun jalan arteri. Ini melibatkan pemanfaatan sejumlah rest area dan lokasi strategis lainnya di sepanjang rute arus balik.

3. Lokasi delaying system

Penerapan Delaying System di Buffer Zone, Kapolda: Pemudik Harap SabarPelabuhan Bakauheni Lampung Selatan mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Martin L Tobing).

Kapolda menjelaskan, penerapan delaying system ini mencakup rest area di Km 20 B, Km 33 B, Km 49 B, dan Km 87 B.

"Dan beberapa lokasi seperti Terminal Agribisnis Gayam, Kantor Lama Balai Karantina Pertanian, Jembatan Timbang Way Urang, Rumah Makan Gunung Jati, dan Rumah Makan Tiga Saudara," tambahnya.

Baca Juga: Catat! Tiket Kedaluwarsa Arus Balik Bakauheni Tidak Hangus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya