Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan Bakauheni

Sempat ditangani di posko medis

Intinya Sih...

  • Hasbi Bullah meninggal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
  • Hasbi mendapat pertolongan pertama dari tim medis di posko mudik IDI Lampung Selatan sebelum dirujuk ke RSUD Bob Bazar Kalianda.
  • Kondisi Hasbi saat di posko medis IDI Lampung Selatan lemas, linglung, batuk, dan sulit berkomunikasi dengan tim medis.

Lampung Selatan, IDN Times - Hasbi Bullah (42), warga Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu meninggal dunia di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Kamis (11/4/2024). 

Merujuk informasi dihimpun, Hasbi merupakan pemudik dengan tujuan Belitang Sumatra Selatan. Korban tertinggal dari bus ditumpanginya lalu mendatangi Posko IDI Lampung Selatan untuk istirahat. 

1. Sudah mendapat pertolongan pertama di posko medis

Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan BakauheniHasbi Bullah (42) seorang pemudik meninggal dunia di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Kamis (11/4/2024). (Dok. IDI Lampung Selatan).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan, dr. Wahyu Wibisana mengatakan, Hasbi telah mendapatkan pertolongan pertama dari tim di posko mudik IDI Lampung Selatan. Pemudik itu mulanya ditangani tim di posko mudik IDI Lampung pukul 11.00 WIB.

"Selanjutnya mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis. Saat menunggu korban akan dievakuasi ke KKP, dinyatakan meninggal. Lalu korban dibawa ke KKP Bakauheni" jelasnya. 

2. Kondisi pasien tiba di posko medis sudah lemas

Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan Bakauhenipixabay.com

Wahyu menjelaskan, kondisi Hasbi saat di posko medis IDI Lampung Selatan, lemas dan linglung. Kondisi lainnya adalah batuk dan sulit berkomunikasi dengan tim medis karena tingkat kesadaran menurun Saat diberi penanganan medis, Hasbi hanya rebahan di palbed.

“Akan tetapi, sangat disayangkan disaat kami lakukan proses rujukan pasien sudah dalam keadaan meninggal dunia dan belum sempat diberikan tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

3. Saat perjalanan mudik diduga sudah kondisi sakit

Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan BakauheniIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Wahyu menjelaskan, Hasbi diduga pemudik berasal dari Tegal Jawa Tengah hendak menuju Sumatra Selatan.

Lebih lanjut disampaikannya, pihaknya tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait apakah Hasbi memiliki riwayat penyakit tertentu atau tidak. "Mungkin pasien sedang sakit dan memaksa mudik dan saat di tengah perjalanan akibat kelelahan kondisinya semakin memburuk dan meninggal dunia,” jelasnya.

Baca Juga: Catat! Tiket Kedaluwarsa Arus Balik Bakauheni Tidak Hangus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya