Pemuda Meninggal Tersambar Petir saat Panjat Pinang, Polisi Olah TKP

Posisi berada di puncak pohon pinang saat petir menyambar

Tanggamus, IDN Times - Polsek Talang Padang Polres Tanggamus telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) identifikasi korban tersambar petir di Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting.

Kapolsek Talang Padang, Iptu Bambang Sugiono mengungkapan korban tersambar bernama Bagas Prayoga (21) terjadi terjadi kemarin Rabu, 17 Agustus 2022 sore.

"Kejadian di Dusun VII Blok 18 Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting. Sebelum peristiwa terjadi, korban mengikuti lomba panjat pinang dalam rangka memperingati HUT ke 77 RI tahun 2022, saat lomba tersebut korban beserta timnya berhasil memanjat pohon pinang," jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Dipicu Dendam dan Emosi, Pria Tanggamus Tega Aniaya Mantan Pacar Istri

1. Posisi korban berada di puncak pohon pinang saat petir menyambar

Pemuda Meninggal Tersambar Petir saat Panjat Pinang, Polisi Olah TKPIlustrasi Perayaan 17 Agustusan (Panjat Pinang) (IDN Times/Arief Rahmat)

Bambang menjelaskan, ketika posisi korban berada di puncak panjat pinang, tiba-tiba petir besar menyambar tubuh. Korban langsung terjatuh ke bawah.

"Akibat kejadian tersebut korban dibawa ke Rumah Sakit Panti Secanti Gisting, namun oleh pihak medis dinyatakan meninggal dunia," jelasnya.

Bambang menambahkan, atas peristiwa tersebut, tindakan kepolisian yang telah dilakukan dengan mendatangi TKP, bersama warga membawa korban ke rumah sakit, mengamankan barang bukti dan meminta keterangan saksi-saksi.

2. Sempat ambil beberapa hadiah sebelum tersambar petir

Pemuda Meninggal Tersambar Petir saat Panjat Pinang, Polisi Olah TKPFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sunardi selaku Kakon Gisting Atas mengatakan, saat kejadian, ia berada di lokasi dan hujan datang sehingga kegiatan diberhentikan. Kemudian, usai hujan berhenti, kegiatan dilanjutkan kembali ditambah imbauan panitia apabila pukul 16.00 WIB, belum ada yang dapat meraih puncak maka pinang akan dirobohkan.

"Kebetulan jam 16.00 itu ada yang berhasil naik. Setelah sampai di atas, korban sempat berhenti sebentar karena ada petir," katanya.

Kakon menegaskan, panitia juga telah mengimbau kepada korban untuk mengambil 1 hadiah yang ia sukai dan agar segera turun. "Tetapi mungkin karena efouria, korban mengambil beberapa yang dilempar kepada teman-temannya. Namun tiba-tiba ada kejadian petir menyambar itu," tandasnya.

3. Korban sudah dimakamkan

Pemuda Meninggal Tersambar Petir saat Panjat Pinang, Polisi Olah TKPMakam-makam baru tampak di pemakaman COVID-19 di TPU Jatisari Mijen Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Kapolsek juga menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga korban atas musibah yang terjadi. Guna mengantisipasi kejadian serupa terjadi, ia mengimbau masyarakat yang melaksanakan panjat pinang agar selalu memperhatikan cuaca sebab saat ini musim penghujan.

"Polsek Talang Padang turut berduka cita atas kejadian tersebut. Dan untuk memastikan tidak terjadi di wilayah lain. Agar semua memberhentikan ketika cuaca tidak mendukung," tegas Bambang.

Kapolsek menambahkan, saat ini korban telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blok VII Pekon Gisting Atas. "Tadi malam jenazah korban langsung dimakamkan oleh pihak keluarga," tandasnya. 

Baca Juga: PNS dan Tiga Pria Pesta Sabu! Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanggamus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya