Pemicu 110 Siswa Lulus SNPMB Unila tapi Gugur Verifikasi Akademik

Ada indikasi mark up nilai?

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 110 siswa lulus Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Lampung (Unila) 2023 gugur dalam verifikasi akademik. Dari total tersebut, 13 siswa tidak lolos verifikasi akademik dan 97 siswa tidak mengumpulkan berkas akademik.

Hal tersebut disampapikan Humas PMB Unila. Fitra Darma, Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Unila Luncurkan Pusat Penelitian Anggrek

1. Ada indikasi mark up

Pemicu 110 Siswa Lulus SNPMB Unila tapi Gugur Verifikasi Akademikhastag campus

Menurut Fitra, ada beberapa faktor menyebabkan siswa tersebut gagal dalam verifikasi akademik. Salah satunya, ketidaksesuaian antara nilai rapot yang diinput ke sistem SNPMB dengan nilai rapot dilegalisir.

“Kalau perbedaannya hanya satu atau dua poin, itu masih bisa dimaklumi sebagai kesalahan manusiawi. Tetapi jika sudah lebih dari 100 poin, itu menunjukkan adanya indikasi mark up yang disengaja,” ujarnya.

Sejumlah siswa juga dinyatakan gugur karena tidak datang atau tidak mengumpulkan berkas akademik saat verifikasi oleh panitia. Padahal, hal itu merupakan syarat wajib untuk mengikuti verifikasi akademik.

“Kita sudah mengingatkan dan menghubungi calon mahasiswa untuk mengumpulkan berkas akademik, sebagian ada yang merespons, tetapi ada juga yang tidak. Akhirnya kita nyatakan gugur SNPMB,” jelasnya.

2. Berharap ke depan kasus tidak terjadi lagi

Pemicu 110 Siswa Lulus SNPMB Unila tapi Gugur Verifikasi Akademikilustrasi nilai rapot (pexels.com/MART PRODUCTION)

Fitra menyatakan, tim PMB Unila akan menginformasikan hasil verifikasi akademik ini kepada pihak sekolah, dinas pendidikan, dan MKKS. Tujuannya agar pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas dan integritas dokumen akademik siswa mereka.

“Kita berharap tidak ada lagi kasus seperti ini di masa depan. Kita ingin meloloskan calon mahasiswa yang benar-benar berprestasi dan jujur. Kita melakukan verifikasi secara hati-hati, akurat. Jangan sampai kita mendelete orang yang salah,” tuturnya.

3. Total peserta lulus SNPMB Unila 2.388 orang

Pemicu 110 Siswa Lulus SNPMB Unila tapi Gugur Verifikasi AkademikIlustrasi mahasiswa Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sebagai informasi, total peserta lulus seleksi SNPMB Unila tahun 2023 sebanyak 2.388 orang dari delapan fakultas. Rinciannya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 216 orang, Fakultas Hukum 180 orang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan 543 orang.

Selanjutnya, Fakultas Pertanian 383 orang, Fakultas Teknik 415 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 326 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 250 orang, dan Fakultas Kedokteran 75 orang.

4. Verifikasi juga berlaku untuk pelamar beasiswa KIP

Pemicu 110 Siswa Lulus SNPMB Unila tapi Gugur Verifikasi Akademikilustrasi mencari beasiswa (freepik.com/rawpixel.com)

Verifikasi juga dilakukan terhadap pelamar beasiswa KIP Kuliah Merdeka Unila tahun 2023. Verifikasi KIP Kuliah ini untuk memastikan kelayakan mahasiswa tersebut memperoleh beasiswa. Saat ini, total kuota sementara KIP Kuliah Merdeka Universitas Lampung tahun 2023 sebanyak 492 orang.

Dari kuota 492 tersebut akan dibagi untuk dua jalur, porsi SNBP sebesar 31 persen dan 69 persen untuk SNBT. “Sehingga saat ini untuk jalur SNBP dari total pendaftar KIP yang berjumlah 860 hanya diambil 153 calon mahasiswa,” jelas Fitra.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Arsitektur Unila Lolos Pertukaran Mahasiswa ke Amerika

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya