Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal Rajabasa

Cek syarat dan ketentuannya ya

Bandar Lampung, IDN Times - Pemda DKI Jakarta dan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyediakan layanan arus balik gratis bagi warga domisili Lampung ingin ke Pelabuhan Merak. Layanan itu itu tersedia di Terminal Rajabasa sebagai titik kumpul.

Koordinator Posko Terminal Tipe A Rajabasa Angkutan Lebaran Tahun 2022, Andi Candra, mengatakan, tersedia masing-masing satu unit bus dari Pelni dan Pemda DKI Jakarta untuk layani pemudik pada arus balik lebaran 2022.

Baca Juga: H-4 Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Rajabasa

Syarat dan ketentuan

Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal RajabasaIlustrasi verifikasi data (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Terkait syarat dan ketentuan layanan gratis itu, Andi mengatakan, bus Pelni dan Pemda DKI Jakarta menetapkan jadwal keberangkatan dari Terminal Rajabasa pada H+5 dan H+7 Idul Fitri.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan itu, dapat mendaftar secara online melalui situs www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp 0812-3188-5758.

“Ikuti panduannya, masukkan nama sesuai data e-KTP, alamat email, dan nomor HP. Nanti Pemda DKI Jakarta akan menghubungi nomor kursi dan jadwal keberangkatannya,” kata dia. Untuk Pelni mungkin sama juga,” papar Andi, Rabu (4/5/2022).

Pendaftaran online untuk hindari hal tak diinginkan

Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal Rajabasapexels.com/Vlada Karpovich

Menurut Andi, pendaftaran via online untuk menghindari oknum tertentu mencoba memanfaatkan mengeruk keuntungan. Itu karena di situs pendaftaran, ada kriteria penumpang mudik gratis.

“Kemarin diprioritaskan untuk penumpang e-KTP DKI Jakarta. Cuma kesulitannya akses untuk masuk ke aplikasi. Apabila gagal dicoba lagi karena peminat untuk daerah Jawa sangat banyak,” jelasnya.

Kuota mungkin masih tersedia

Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal RajabasaTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terkait kuota penumpang layanan bus gratis Pelni dan Pemda DKI Jakarta, Andi tak bisa merinci. Karena itu dapat diketahui apabila calon penumpang mengakses langsung melalui situs.

“Untuk sementara kami pantau kuotanya masih tersedia. Khusus Lampung karena peminatnya sedikit dibatasi satu bus. Tapi bila peminatnya banyak, mungkin ada kebijakan dari Pemda DKI Jakarta untuk menambah armada,” katanya.

Andi mengimbau pemudik memanfaatkan layanan arus balik gratis Terminal Rajabasa, Bandar Lampung tersebut. Itu guna mencegah kepadatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Baca Juga: Skema Pengaturan Kendaraan Masuk Pelabuhan Bakauheni Situasi 'Merah'

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya