Pembobol Minimarket Ditangkap, Coba Kabur Lompat dari Lantai 3 Ruko

Empat kali bobol minimarket

Pringsewu, IDN Times – Satreskrim Polres Pringsewu menangkap Royani (31), spesialis pembobol minimarket. Pria berprofesi sebagai buruh asal Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten ditangkap lantaran membobol empat minimarket di Pringsewu.

“Pelaku berhasil dibekuk saat sedang melakukan aksinya disalah satu swalayan yang berlokasi jalan KH Gholib Pringsewu Kamis kemarin sekira jam 4.00 (pagi),” ungkap Wakapolres Pringsewu, Kompol leksan Ariyanto, Minggu (14/11/2021).

1. Berusaha kabur lompat dari lantai tiga ruko

Pembobol Minimarket Ditangkap, Coba Kabur Lompat dari Lantai 3 RukoJejeran ruko-ruko di sepanjang Jalan Somba Opu, Kota Makassar. (Instagram.com/devimariltha)

Ieksan mengatakan, pengungkapan kasus itu berawal dari rekaman CCTV terpantau oleh manajemen minimarket lalu melaporkan kepada pihak kepolisian. Menerima laporan tersebut, polisi langsung datang dan mengepung TKP.

Sebelum tertangkap, pelaku sempat berusaha melarikan diri dengan cara melompat dari lantai 3 ruko setinggi kurang lebih 13 meter. Namun akhirnya berhasil dibekuk polisi.

“Akibat terjatuh dari lantai 3 tersebut pelaku mengalami luka dibeberapa bagian tubuhnya dan sempat menjalani perobatan di salah satu rumah sakit di Pringsewu,” jelas leksan.

Baca Juga: Petir Sambar Jeriken BBM Diduga Pemicu Kebakaran Gudang di Gadingrejo

2. Empat kali bobol minimarket

Pembobol Minimarket Ditangkap, Coba Kabur Lompat dari Lantai 3 RukoPixabay/mohamed_hassan

leksan mengatakan, pelaku sudah empat kali membobol minimarket di Pringsewu rentang Maret hingga November 2021. Rinciannya, dua kali di minimarket Indomaret berlokasi di jalan KH Gholib Podorejo Pringsewu, satu kali di Alfamart KH Gholib Pringsewu, dan satu kali di Alfamart Jalan Jendral Sudirman Pajaresuk Pringsewu.

“Dari empat kali melakukan aksi, pelaku berhasil menggasak barang yang utama jenis rokok dengan total kerugian mencapai 105,5 juta,” ungkap wakapolres.

3. Bobol pintu ruko minimarket pakai linggis

Pembobol Minimarket Ditangkap, Coba Kabur Lompat dari Lantai 3 Rukoilustrasi rolling door/tokorollingdoor.com

Kasatreskrim Polres Pringsewu, Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata menjelaskan, saat melakukan aksinya pelaku hanya seorang diri. Modus masuk ke dalam swalayan membobol pintu ruko menggunakan linggis kemudian memutus kabel sensor alarm di dalam minimarket.

Alat digunakan pelaku antara lain linggis, gergaji besi, gunting dan tali tambang. Barang yang dijarah di minimarket rokok berbagai merek berada di dalam gudang.

“Barang hasil kejahatan rencananya akan dijual oleh pelaku dan uangnya dipergunakan untuk bersenang senang,” ungkap Feabo.

4. Amankan barang bukti ratusan rokok berbagai merek

Pembobol Minimarket Ditangkap, Coba Kabur Lompat dari Lantai 3 RukoSatreskrim Polres Pringsewu menangkap Royani (31), spesialis pembobol minimarket. (IDN Times/Istimewa).

Barang bukti yang berhasil diamankan terdiri dari ratusan bungkus rokok berbagai merek, linggis, gergaji besi, gunting, tali tambang, tali rafia dan sejumlah kardus yang dipergunakan untuk membawa barang hasil kejahatan.

“Dalam proses penyidikan pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimasl 9 tahun penjara,” tandas Feabo.

Baca Juga: Operasi Zebra Krakatau 15-28 November, Daftar Sanksi Pelanggar Aturan 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya