Pelunasan BPIH 204 CJH Kuota Haji Tambahan Lampung 12 Juni 2023

Tambahan kuota itu untuk keberangkatan musim haji 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Staf Urusan Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo menyatakan, Provinsi Lampung mendapatkan penambahan kuota keberangkatan haji sebanyak 204 orang. Tambahan kuota itu untuk keberangkatan musim haji 2023 dari 8.000 kuota tambahan diberikan Kerajaan Arab Saudi untuk jemaah haji Indonesia.

Ia mengatakan, kuota tambahan 204 orang ini diperuntukkan masuk nomor urut porsi berikutnya setelah sebelumnya porsi cadangan dirilis. Kuota tambahan itu datanya sudah disebar ke seluruh Kemenag kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"List nama-nama jemaah calon haji yang berhak melakukan pelunasan sebagaimana kriteria ini sudah didistribusikan ke kabupaten/kota se-Provinsi Lampung," ujar pria yang juga menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung ini, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Fakta Unik Paket RoaMAX Haji Telkomsel dan Cara Aktivasi

1. Jadwal pelunasan kuota tambahan

Pelunasan BPIH 204 CJH Kuota Haji Tambahan Lampung 12 Juni 2023Kedatangan Jemaah Haji embarkasi Aceh disambut dengan salawat badar di Bandara AMMA, Madinah, pada Kamis (25/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Terkait pelunasan BPIH 204 calon jemaah haji kuota tambahan, Puji menjelaskan, dimulai 8-12 Juni 2023. Ia berharap meski periode pelunasan BPIH singkat bisa terpenuhi.

Sebaliknya apabila nantinya tidak terpenuhi, berdasarkan Kepdirjennya itu dibuka tahapan berikutnya atau akan dilimpahkan ke provinsi lain untuk mengisinya. "Untuk Lampung belum ada laporan masuk berapa yang sudah melunasi," jelasnya.

2. Kesempatan naik haji harus dimanfaatkan

Pelunasan BPIH 204 CJH Kuota Haji Tambahan Lampung 12 Juni 2023Kedatangan Jemaah Haji gelombang kedua di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Puji berharap, masyarakat berkesempatan berangkat haji tahun ini untuk dimanfaatkan. Alasannya, kondisi itu hal luar biasa dan mungkin kesempatan seumur hidup sekali.

"Mari manfaatkan dan untuk kuota haji akan diberangkatkan sekitar tanggal 18 tetapi juga ini belum pasti masih tentatif dan segera pembentukan kloter,” jelas kakanwil.

Puji menambahkan, kuota haji tambahan ini diharapkan masyarakat akan berangkat haji punya waktu persiapan cukup baik. Dari sisi dokumen seperti paspor dan visa nya agar diselesaikan pelunasan dan juga kebutuhan lain jelang keberangkatan tersebut," jelasnya. 

3. Enam CJH tunda keberangkatan

Pelunasan BPIH 204 CJH Kuota Haji Tambahan Lampung 12 Juni 2023Jemaah haji 2023 kloter pertama masuk Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (23/5/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Untuk jemaah haji gagal berangkat atau tertunda keberangkatannya tahun ini, Puji mengatakan ada 6 orang berasal dari sejumlah kabupaten. Keluarga dari masing-masing calon jemaah haji gagal berangkat pun sudah mengkonfirmasi keberangkatan ditunda hingga musim haji berikutnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan jemaah haji gagal berangkat. Misalnya, meninggal dunia tapi sudah masuk daftar tunggu ke manifest. Ada juga alasan kesehatan masih dirawat di rumah sakit.

"Selain enam (ditunda keberangkatan) ada dua orang jemaah tertunda keberangkatannya untuk menunggu flight kosong dari penerbangan yang ada. Posisi (CJH) ada di asrama haji, tapi itu tidak ada masalah, jadi bisa berangkat semua,” ucap Puji. 

Baca Juga: Jemaah Haji Asal Bandar Lampung Meninggal, Sakit Gagal Jantung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya