Pelaku Pariwisata Apresiasi PLN Penuhi Listrik Andal WSL Krui Pro 2023

Kebutuhan listrik andal dan mumpuni sangat berdampak besar

Pesisir Barat, IDN Times - Kerja keras PT PLN (Persero) menyediakan pasokan listrik andal World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 di Kabupaten Pesisir Barat membuahkan apresiasi dari pelaku usaha pariwisata. Salah satunya datang dari Andri Prabowo selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pesisir Barat.

Andri menuturkan, kebutuhan listrik andal dan mumpuni sangat berdampak besar khususnya sektor pariwisata. Menurutnya, dunia pariwisata seperti hotel, restoran dan cafe sangat membutuhkan pasokan listrik andal dan berkualitas.

"Terima kasih atas kerja keras, dedikasi, pelayanan yang all out oleh PT PLN (Persero) selama event WSL Krui Pro 2023 berlangsung sehingga kebutuhan listrik dapat terpenuhi seratus persen khususnya bagi perhotelan, restoran dan pariwisata di Pesisir Barat," ujarnya, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Begini Cara PLN Pastikan Pasokan Listrik WSL Krui Pro 2023 Aman

1. Selain pelaku pariwisata, juga berdampak peningkatan taraf hidup masyarakat

Pelaku Pariwisata Apresiasi PLN Penuhi Listrik Andal WSL Krui Pro 2023PT PLN (Persero) menyediakan pasokan listrik andal World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 di Kabupaten Pesisir Barat

Andri menjelaskan, tersedianya pasokan listrik baik akan membuka peluang usaha baru, masyarakat dapat membuka usaha mulai dari usaha kecil hingga usaha menengah. Hal itu berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Saya sangat yakin bahwa investor yang akan dan sedang membangun investasinya seperti hotel dan restoran tidak ragu lagi karena PLN hingga saat ini telah mencukupi kebutuhan listriknya di Kabupaten Pesisir Barat," tegasnya.

Hal senada disampaikan Heriman Ali selaku pengelola Palma Beach and Resort Krui. Ia menyatakan, resort dikelolanya itu baru beroperasi selama dua hari sebelum event WSL Krui Pro 2023 berlangsung.

Ia menambahkan, seluruh hotel di Krui telah full booked menjelang perhelatan selancar internasional tersebut. "Kebetulan saat menjelang penyelenggaraan WSL Krui Pro 2023, seluruh Krui telah full booked terkait hotel, tentunya itu karena kontribusi dan peran dari PLN," jelasnya.

Heriman tak menampik, PLN telah memberikan dukungan luar biasa khususnya penyediaan kebutuhan listrik andal bagi dunia usaha dan masyarkat sekitarnya. "Dukungan PLN bukan hanya dirasakan manfaatnya bagi resort kami, tetapi juga bagi masyarakat yang ada di sepanjang Pantai Mandiri. Kerja keras PLN sangat membantu sekali," ujar Heriman.

2. Strategi PLN hadirkan listrik andal

Pelaku Pariwisata Apresiasi PLN Penuhi Listrik Andal WSL Krui Pro 2023General Manajer PLN Lampung Saat Memberikan Arahan ke Petugas di Lokasi WSL Krui Pro 2023. (Dok PLN UID Lampung).

PT PLN (Persero), sukses memasok listrik andal untuk gelaran liga selancar dunia atau World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung  12-18 Juni 2023. Perhelatan akbar para peselancar dunia ini diikuti 289 peselancar dari 14 negara. WSL Krui Pro tahun 2023 ini merupakan gelaran kompetisi selancar dunia tahun ke lima setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun 2017, 2018, 2019, dan 2022.

Sukses hadirkan listrik andal tanpa kedip selama jalannya kompetisi, General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, Saleh Siswanto mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk menyediakan listrik andal selama kompetisi berlangsung. Hal ini tercermin pada pasokan listrik di lokasi-lokasi penyelenggaraan WSL Krui Pro 2023 hadir tanpa kedip. Beban puncak kelistrikan di Krui pada hari pertama hingga hari terakhir, masih di bawah daya mampu sistem kelistrikan di Pesisir Barat yaitu 11 MW.

“Alhamdulillah, kami turut berbahagia atas kesuksesan gelaran WSL Krui Pro 2023. Sebagai tuan rumah di kompetisi akbar tahunan selancar dunia, kami sebagai BUMN penyedia kelistrikan telah berkomitmen untuk mendukung kesuksesan acara ini dengan menyediakan listrik yang andal,” kata Saleh Siswanto, Senin (19/6/2023).

Strategi kesuksesan PLN dalam memasok listrik tanpa kedip selama WSL Krui Pro 2023 berlangsung pun, dijelaskan oleh Saleh Siswanto sebagai persiapan yang sangat matang, mengingat acara tersebut berkelas internasional dan membawa nama baik seluruh stakeholder yang terlibat.

"Empat pekan sebelum acara berlangsung, PLN telah melakukan persiapan, mulai dari pemeliharaan jaringan listrik, penambahan gardu, penyiagaan tiga unit genset bergerak, hingga Uninterruptible Power Supply (UPS) 100 kVA," ujar Saleh Siswanto.

3. Diapresiasi bupati Pesibar

Pelaku Pariwisata Apresiasi PLN Penuhi Listrik Andal WSL Krui Pro 2023Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, turut mengapresiasi kesuksesan PLN dalam menghadirkan listrik tanpa kedip selama WSL Krui Pro 2023 berlangsung. (Dok. PLN UID Lampung).

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, turut mengapresiasi kesuksesan PLN dalam menghadirkan listrik tanpa kedip selama WSL Krui Pro 2023 berlangsung.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN atas suksesnya perhelatan WSL Krui Pro 2023 selama tujuh hari di Krui. Terimakasih PLN telah menyediakan pasokan listrik andal dan memenuhi kebutuhan kelistrikan diseluruh lokasi acara,” ungkap Agus Istiqlal.

Apresiasi juga datang dari Sekretaris Jenderal Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Tipi Jabrik yang juga merupakan peselancar Pro asal Indonesia sudah mengantongi berbagai gelar juara di kejuaraan selancar dunia. Menurutnya, gelaran WSL Krui Pro 2023 tidak akan menuai kesuksesan tanpa hadirnya listrik andal PLN.

Bagi Tipi Jabrik, even Krui Pro 2023 ini, listrik merupakan salah satu komponen terpenting dalam kesuksesan acara perlombaan.

Baca Juga: Fakta Unik Rumah Singgah Pasien YBM PLN, Bantu 1.093 Warga Berobat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya