Pangkogabwilhan I Kunjungi PLN UID Lampung, Ada Apa?

Rasio desa berlistrik di Lampung 99,43 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, kunjungan kerja ke Lampung. Tujuannya, terkait pelaksanaan vaksinasi dan bakti sosial di Makodim 0410/KBL Kota Bandar Lampung, Senin (25/4/2022). 

Jenderal bintang tiga itu juga singgah di PLN UID Lampung sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya. Muhammad Ali, disambut General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra.

Baca Juga: Belanja di Marketplace PLN Mobile Ada Diskon Tambah Daya Rp150 Ribu

Harap sinergi PLN dan TNI makin baik

Pangkogabwilhan I Kunjungi PLN UID Lampung, Ada Apa?Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali bertemu General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, Senin (25/4/2022). (Dok. PLN UID Lampung).

Sindu menerangkan, bersyukur karena PLN UID Lampung termasuk agenda kunjungan kerja Pangkogabwilhan I. Dia berharap sinergi dan kolaborasi antara TNI dan PLN ke depannya dapat lebih baik lagi. 

“Kunjungan kerja ini dapat memberikan dukungan kesuksesan pelaksanaan penugasan pemerintah ke BUMN dalam hal ini PLN UID Lampung. Dan sekaligus mendukung program pemerintah menuju Indonesia Terang,” ujarnya.

Sindu mengatakan, PLN terus bekerja keras mewujudkan 100 persen Desa Berlistrik di Provinsi Lampung. Saat ini, Rasio Desa Berlistrik di Lampung mencapai 99,43 persen. Untuk mencapai 100 persen, PLN sangat membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder.

Bedah rumah PLN manfaatkan FABA

Pangkogabwilhan I Kunjungi PLN UID Lampung, Ada Apa?PLN mengoptimalkan pemanfaatan limbah batu bara hasil proses pembakaran atau dikenal Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Ropa di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. PLN)

Dalam pertemuan itu, selain pemaparan kegiatan, juga ditayangkan video kinerja PLN UID Lampung melistriki Provinsi Lampung hingga video kegiatan bedah rumah PLN dengan pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) atau abu sisa pembakaran batubara. 

Sindu menerangkan, FABA dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas dan positif. Sehingga, menurutnya pemanfaatan FABA dapat memberikan dampak circular economy secara luas kepada masyarakat.

"Untuk itu, FABA tetap dikelola dengan mengedepankan prinsip 4M yaitu Mudah, Murah, Mutu dan Masif," imbuhnya.

Pemanfaatan FABA untuk pembangunan rumah anggota TNI

Pangkogabwilhan I Kunjungi PLN UID Lampung, Ada Apa?Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali bertemu General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, Senin (25/4/2022). (Dok. PLN UID Lampung).

Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, mengatakan kunjungan kerja ini merupakan bagian dari sinergitas dan kerjasama baik antara TNI dan PLN dalam menyukseskan program pemerintah melistriki Indonesia.

Dia meminta kepada PLN untuk dapat menjaga keandalan pasokan listriknya terutama untuk daerah-daerah pangkalan militer. 

Selain itu, dia juga berharap implementasi kerjasama TNI dan PLN dalam hal pemanfaatan FABA untuk pembangunan infrastruktur dan rumah-rumah anggota TNI dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Light Up The Dream, Program Pasang Listrik Gratis Donasi Pegawai PLN

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya