Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way Kanan

Putri sulung almarhum Edward Antony

Bandar Lampung, IDN Times - Raden Adipati Surya dan Edward Antony sedianya kembali berpasangan ajang Pilkada Serentak (Pilkada) 2020 Kabupaten Way  Kanan. Mereka adalah petahana bupati dan wakil bupati kabupaten setempat yang dilantik 2016 lalu.

Pasangan petahana ini telah mendapat rekomendasi dari partai politik untuk mengarungi Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Way Kanan. Partai yang sudah memberikan rekomendasi yaitu,  NasDem, Golkar, Demokrat, dan PDIP.

Partai NasDem di DPRD Kabupaten Way Kanan memiliki  5 kursi, Golkar 3 kursi, Demokrat 11 kursi, dan PDIP 4 kursi di Way Kanan. Pasangan ini sudah mengantongi total 20 kursi. Sementara syarat minimal untuk pencalonan di Pilkada Way Kanan yakni 8 kursi.

Tapi takdir ilahi tak terduga, Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Edward Antony wafat, Minggu (16/8/2020). Ia wafat karena terkonfirmasi positif COVID-19

Wafatnya Edward diperkirakan bakal terjadi perubahan calon wakil bupati melalui surat rekomendasi yang akan mendampingi Adipati ajang pemilihan kepala daerah digelar lima tahunan itu. Terbaru, nama putri sulung almarhum Edward Anthony yakni, dr. Amelya Augusthina Ayusari mencuat untuk mendampingi Raden Adipati Surya di Pilbup Way Kanan 2020.

1. dr Amelya diusulkan pihak keluarga Edward Antony

Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way Kanandr. Amelya Augusthina Ayusari. (Facebook/Amelya Augusthina A)

dr. Amelya diusulkan pihak keluarga besar Edward sebagai pengganti posisi sang ayah untuk maju sebagai wakil bupati Way Kanan pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Ia menyatakan siap meneruskan pengabdian sang ayah.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada  Adipati  terkait siapa yang akan dipilih untuk mendampingi. Sebagai anak dan juga mengamanati keputusan keluarga tentu saya siap untuk mengabdi di tanah Way kanan ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis diterima IDN Times, Sabtu (29/8/2020).

2. Ingin mengabdi sesuai bidang keilmuan

Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way Kananherramientaprl.org

Menurut  dr. Amelya, ingin ingin meneruskan pengabdian ayahanda sesuai bidang pendidikan yang dimilikinya. “Sebelum papa (Edward Antony( meninggal almarhum juga telah memberikan amanah agar saya dapat pulang untuk turut serta membangun Way Kanan,” ujar perempuan kelahiran Metro, 18 Agustus 1984 ini

Dosen tetap dan dokter Lab Gizi FK Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah ini menambahkan, keputusannya siap mendampingi Adipati di pemilihan bupati dan wakil bupati Way Kanan juga didasari atas pesan sang ayah kepada dirinya. Semasa hidup ayah berulangkali berpesan kepada dr Amelya untuk pulang dan membangun kabupaten Way Kanan.

“Terlebih saat papa telah meninggal, seakan pesan ini menjadi wasiat untuk melanjutkan perjuangan papa membangun Way Kanan,” tutur peraih dua gelar magister dari Ilmu Gizi (Minat Clinical Nutrition) Universitas Sebelas Maret dan  Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia ini.

Baca Juga: Bupati Way Kanan Curhat di Instagram Sebelum Wabup Edward Antony Wafat

3. Berpengalaman dokter spesialis gizi

Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way KananGlobal Planet

dr Amelya menuturkan, pengalamannya sebagai dokter spesialis gizi lulusan Universitas Indonesia dan pengalaman kerja di Solo, Jawa Tengah diharapkan bisa membantu mewujudkan keinginan Edward Anthony semasa hidup untuk membangun Way Kanan.

M Ikhlas Thamrin, suami dr Amelya menyatakan, alasan itu menjadi dasar keluarga besar memutuskan agar dr. Amelya mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati Way Kanan. Alasannya, melanjutkan perjuangan Edward Antony memajukan  kabupaten setempat.

“Istri saya menyatakan kesiapannya dan saya mengizinkan. Begitu juga keluarga besar. Keluarga sepakat dengan kompetensi dan kapasitasnya, dan pesan papa dulu menjadi alasan kuat dr pihak keluarga untuk mencalonkan dokter Amelya sebagai pengganti papa,” kata Ikhlas.

4. Pendaftaran pasangan calon 4-6 September

Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way Kananilustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

KPU Kabupaten Way Kanan mengumumkan jadwal pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak 9 Desember 2020. Jadwal pendaftaran dibuka 4-6 September 2020 sesuai tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Ketua KPU Way Kanan, Refki, menjelaskan, pendaftaran hari pertama dan kedua dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan hari terakhir pendaftaran calon dibuka pukul 08.00- 24.00 WIB.

“KPU akan  memperpanjang masa pendaftaran pencalonan apabila tidak terdapat atau hanya terdapat satu bakal pasangan calon yang mendaftar sampai berakhirnya masa pendaftaran. Perpanjangan ini didahului sosialisasi tiga hari dan pendaftaran perpanjangan tiga hari," paparnya dalam pernyataan tertulis.

5. Tidak diperkenankan adanya keramaian dan pawai budaya

Nama Dokter Amelya Mencuat Dampingi Raden Adipati Pilkada Way KananANTARA FOTO/Jojon

Ketua KPU Way Kanan, Refki, mengatakan pasangan yang ingin mencalonkan sebagai kepala daerah melalui partai politik atau gabungan partai politik harus memperoleh  paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atau 25 persen akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu terakhir. Itu merujuk Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang diubah dengan Undang undang nomor 6 Tahun 2020," kata dia.

Rujukan peraturan lainnya adalah Juknis KPU Republik Indonesia nomor 394/2020 tentang pedoman teknis pendaftaran maka pasangan yang diusung partai politik atau gabungan partai politik minimal memiliki 8 kursi di DPRD atau  dengan 25 persen suara sah sebanyak 64.515.

Refki menambahkan, proses pendaftaran pasangan calon untuk pilkada di tengah pandemi COVID-19 berbeda tatacaranya dengan pilkada sebelum ada wabah. Pendaftaran cukup dihadiri pasangan calon, tim penghubung, ketua dan sekretaris partai politik pengusung serta tidak diperkenankan adanya keramaian, atraksi budaya dan sebagainya yang menimbulkan kerumunan warga.

Baca Juga: Adipati dan Edward Sedianya Kembali Berpasangan Pilkada 2020 Way Kanan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya