Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari Merak

Ada perencanaan matang

Intinya Sih...

  • Menteri Perhubungan nilai layanan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni lebih bagus dibanding Pelabuhan Merak
  • Terkait penerapan Tiba Bongkar Muat (TBB) kapal penyeberangan yang bersandar di Pelabuhan Bakauheni Menhub menilai berdasarkan pantauan volume kendaraan di area pelabuhan landai
  • Operasional kapal saat arus mudik rata-rata 131 trip per hari, pada arus balik ditambah menjadi 145 trip. Fokus lainnya adalah durasi keberangkatan kapal

Lampung Selatan, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, layanan penyeberangan arus mudik dan balik di Pelabuhan Bakauheni lebih bagus dibanding Pelabuhan Merak. Itu merujuk volume kendaraan yang melintas di jalan tol ruas Lampung, jalan arteri dan rest area difungsikan maksimal tidak terjadi penumpukan. 

"Kapolda (Lampung) juga buat perencanaan delay system green, yellow dan red. Apa yang direncanakan ini secara tidak langsung jadi jawaban kelancaran arus balik," jelasnya kepada awak media saat berkunjung ke Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Minggu (14/4/2024). 

Baca Juga: Kisah Pemudik Lawan Rasa Bosan Tunggu Masuk Kapal di Bakauheni

1. Volume kendaraan landai

Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari MerakSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Terkait penerapan Tiba Bongkar Muat (TBB) kapal penyeberangan yang bersandar di Pelabuhan Bakauheni Menhub menilai berdasarkan pantauan volume kendaraan di area pelabuhan landai. 

“Saat ini pada arus balik, kapal dari Pelabuhan Ciwandan sudah ke Pelabuhan Panjang. Lalu kita memiliki war room, semua stakeholder hadir, dengan satu layar yang memantau keberangkatan kapal sehingga tidak ada delay berarti,” ujar Menhub.

Saat periode arus mudik Budi tak menampik, kapal Ferry dari Pelabuhan Ciwandan ada yang tiba di Pelabuhan Bakauheni yang seharusnya bersandar di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung. Untuk itu, Pelabuhan Panjang harus difungsikan dengan baik agar masyarakat Lampung dapat gunakan maksimal. 

"Ditambah lagi ada 2 hari WFH (16 dan 17 April) untuk ASN. Agar lebih rileks pemudik tak perlu buru-buru pulang saat arus balik. 

2. Kini 145 trip kapal per hari

Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari MerakSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Dari operasional kapal Budi menjelaskan, saat arus mudik rata-rata 131 trip per hari, pada arus balik ditambah menjadi 145 trip. Selain menambah trip kapal, fokus lainnya adalah durasi keberangkatan kapal. 

"Apabila kapal lampaui 45 menit (bongkar muat) harus jalan. Sebaliknya, waktu sandar juga maksimal 5 menit, agar tidak terjadi delay. Kalau padat harus dioperasikan bongkar tanpa muat (penumpang)," kata Menhub. 

Budi menambahkan, dioperasikan nya Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan membuat volume kendaraan arus balik lebih lancar. 

"Relatif lebih dekat (Pelabuhan Panjang) dari Bakauheni. Sampai Ciwandan (pemudik) akan dikawal ke tempat tujuan. Semoga mitigasi atas kemacetan lalu (Tol Cikampek ke Merak) jadi catatan untuk diatasi," urai Budi. 

3. Cuaca dan gelombang perlu diperhatikan

Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari MerakSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut hadir meninjau Pelabuhan Bakauheni menambahkan, berbagai macam perbaikan layanan arus balik sudah dilakukan. Itu semata agar pelayanan semakin baik bagi pemudik. 

Mendukung kelancaran arus balik Lebaran, Pemerintah telah melakukan antisipasi dan upaya maksimal. Namun kondisi di lapangan tetap mengacu pada faktor yang sulit untuk direkayasa, di antaranya cuaca dan gelombang.

“Tentu ada beberapa faktor determinan yang kita tidak bisa lalukan rekayasa maksimal yaitu cuaca dan gelombang. Semoga kondisi cuaca baik agar tidak mengganggu timeline yang sudah disepakati tadi," tuturnya.

Baca Juga: Cerita Jurnalis Menahan Rindu ke Keluarga, Liputan Mudik di Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya