Mengenal Delaying System di 7 Titik Buffer Zone ke Pelabuhan Bakauheni

Dinilai tepat antisipasi kepadatan pemudik

Lampung Selatan, IDN Times - Pergerakan arus balik Lebaran 2023 dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa melalui akses penyeberangan dapat terdistribusi merata hingga akhir pekan ini. Hingga H+4, arus kendaraan dan penumpang akan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak Banten terpantau ramai mengalir.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, kelancaran arus balik Lebaran 2023 hingga H+4 salah satunya didorong penerapan sistem penundaan (delaying system). Itu melalui penyediaan titik lokasi zona penyangga (buffer zone) di rest area jalan tol menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Ternyata, buffer zone itu sejak Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu dinilai efektik menekan kepadatan di area pelabuhan. Penasaran dengan sistem ini? Berikut IDN Times ulas.

1. Lokasi tujuh titik buffer zone

Mengenal Delaying System di 7 Titik Buffer Zone ke Pelabuhan BakauheniPT Hutama Karya (Persero) memrediksi arus kendaraan periode Natal 2021 dan Tahun Baru (2022) di Jalan Tol Trans Sumatera meningkat. (Dok. Hutama Karya).

Shelvy menjelaskan, angkutan lebaran 2023 disiapkan tujuh titik buffer zone menyediakan total kapasitas parkir 1.110 kendaraan kecil. Buffer zone itu lima di antaranya berlokasi di rest area Jalan Tol Trans-Sumatera

Rinciannya, Rest Area Km 87B dengan kapasitas parkir 250 kendaraan kecil (KK); Rest Area Km 67B kapasitas parkir 80 KK; Rest Area Km 49B kapasitas parkir 250 KK; Rest Area Km 33B berkapasitas parkir 80 KK; dan Rest Area Km 20B dengan kapasitas parkir 250 KK.

"Sementara dua lokasi buffer zone berlokasi di jalan arteri di Gayam eks Agribisnis (Trans Sumatera) dan RM Tiga Saudara (Jalan Lintas Timur) dengan kapasitas parkir 50 KK," ujarnya, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: H+3 Arus Balik 111.875 Penumpang Menyeberang dari Bakauheni ke Merak

2. Pengguna jasa diminta keterangan sudah beli tiket penyeberangan atau belum

Mengenal Delaying System di 7 Titik Buffer Zone ke Pelabuhan BakauheniSuasana area parkir di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. (Dok. ASDP)

Menurut Shelvy, berdasarkan keberhasilan penerapan delaying system angkutan lebaran 2022, tahun ini kembali dioptimalkan. Para pemudik mampir di rest area selain untuk refreshment atau beristirahat, juga dapat mengunjungi booth ASDP untuk mendapatkan edukasi perihal pembelian tiket via Ferizy.

Selain itu, penerapan kembali delaying system melalui buffer zone ini merupakan bentuk kolaborasi ASDP dengan pihak kepolisian, BPTD Kementerian Perhubungan, dan pengelola jalan tol. Adapun penyiapan buffer zone pada Lebaran tahun ini adalah tindak lanjut arahan rapat terbatas dengan agenda evaluasi Angkutan Lebaran 2022  dipimpin Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2022.

"Di buffer zone ini, kendaraan juga difilter (screening) apakah pengguna jasa sudah mempunyai tiket penyeberangan atau belum. Sekaligus petugas kami mengecek apakah pengguna jasa membawa barang-barang berbahaya atau tidak," kata Shelvy.

3. Ramai lancar dan terkendali

Mengenal Delaying System di 7 Titik Buffer Zone ke Pelabuhan BakauheniPenampakan suasana Pelabuhan Bakauheni H-3 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

ASDP mengantisipasi trafik arus balik akan terdistribusi merata hingga akhir pekan ini. Diperkirakan lonjakan arus balik kedua akan terjadi pada H+6 dan H+7 Lebaran atau 29 dan 30 April 2023.

Arus balik kedua itu lantaran adanya imbauan Pemerintah untuk perpanjangan masa cuti. Adapun kondisi di Pelabuhan Bakauheni terpantau ramai lancar dan terkendali.

Salah satu faktor mendukung kelancaran di pelabuhan adalah karena adanya kerja sama pengguna jasa telah mematuhi arahan Presiden Joko Widodo dan para menteri yang mendorong pemudik kapal ferry agar melakukan reservasi tiket lebih awal melalui aplikasi atau qebsite Ferizy dan mitra penjualan resmi ASDP.

"Kami mengapresiasi pengguna jasa yang telah membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan. Hal ini sangat berpengaruh pada kelancaran arus mudik dan balik tahun ini. Apalagi sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan," ujar Shelvy.

4. H+4 total penumpang mencapai 59.861 orang

Mengenal Delaying System di 7 Titik Buffer Zone ke Pelabuhan BakauheniPotret malam mudik H-3 Lebaran 2023/1444 Hijriah, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

General Manager PT ASDP (Persero) Bakauheni, Capt Rudi Sunarko menyatakan, berdasarkan data Posko Bakauheni selama 12 jam (periode 27 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB) atau H+4, tercatat jumlah kapal beroperasi sebanyak 34 unit kapal. Sedangkan realisasi total penumpang mencapai 59.861 orang atau turun 30 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 85.562 orang.

Tercatat, realisasi kendaraan roda dua telah menyeberang mencapai 5.983 unit atau turun 52 persen dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 12.581 unit. Kendaraan roda empat mencapai 7.302 unit atau turun 22 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.379 unit.

Sedangkan truk logistik telah menyebrang dari Sumatera ke Jawa mencapai 306 unit atau turun 6 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 326 unit.

Total seluruh kendaraan tercatat 13.745 unit telah menyeberang dari Sumatra ke Jawa pada H+4 turun 39 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 22.433 unit.

Sedangkan total penumpang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H+4 tercatat 848.068 orang atau naik 1 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 843.656 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 176.913 unit atau turun 2 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 180.711 unit.

Baca Juga: ASDP Antisipasi Arus Balik Kedua di Bakauheni Akhir Pekan Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya