Melongok Tim Satgas Antibegal Polres Tanggamus, Pasukan Khusus Baru?

Satgas dibagi empat tim dan pakai uniform khusus

Tanggamus, IDN Times - Polres Tanggamus Polda Lampung membentuk Satgas Antibegal. Tujuannya, menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kodusif di wilayah hukum polres setempat.

Satgas tersebut dipimpin langsung Kasatreskrim Polres Tanggamus, Iptu Hendra Safuan, dengan personel 23 orang terbagi dalam 4 tim. Berikut IDN Times ulas sisi unik Satgas Antibegal.

Tujuan dibentuk Satgas Antibegal

Melongok Tim Satgas Antibegal Polres Tanggamus, Pasukan Khusus Baru?Polres Tanggamus Polda Lampung membentuk Satgas Antibegal. (Dok. Polres Tanggamus).

Kapolres Tanggamus, AKBP Satya Widhy Widharyadi mengatakan, terbentuknya tim Satgas Antibegal diharapkan dapat mencegah terjadinya kejahatan jalanan. Kejahatan itu seperti pencurian dengan kekerasan (Curas); pencurian dengan pemberatan (Curat), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Ia menambahkan, apabila terjadi kejahatan jalanan tentunya tim akan menargetkan pengungkapan secepat mungkin. "Tim akan bekerja seterusnya dengan berusaha mengungkap kejahatan jalanan," jelasnya.

"Apalagi menjelang hari raya lebaran tentunya masyarakat juga membutuhkan pengamanan. Tentunya kita tim yang akan mampu mencegah untuk prilaku kejahatan kejahatan jalanan tersebut," ujar Widhy dalam keterangan resmi, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga: PNS Guru di Tanggamus Ditangkap, Penipuan Gadai Sawah ke Lansia

Tugas dan fungsi sama dengan Tekab 308?

Melongok Tim Satgas Antibegal Polres Tanggamus, Pasukan Khusus Baru?Polres Tanggamus Polda Lampung membentuk Satgas Antibegal. (Dok. Polres Tanggamus).

Terkait perbedaan Tekab 308 dan Tim Satgas Antibegal, menurut kapolres sama fungsinya. "Tim Satgas Anti begal ini merupakan pembentukan dari tim Tekab 308 jadi sama saja tugas pokoknya, namun sekarang difungsikan sebagai antibegal," tandasnya.

Sedikit perbedaan imbuhnya dari segi seragam dikenakan Satgas Antibegal. Ia menilai ada pesan khusus dari seragam itu.

"Melalui uniform ini, sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tanggamus bahwasanya kami siap menghadapi dan melayani masyarakat mencegah terjadinya kasus-kasus begal dan kami akan menjamin keamanan masyarakat dalam merayakan hari raya lebaran," tegasnya.

Dibagi empat tim

Melongok Tim Satgas Antibegal Polres Tanggamus, Pasukan Khusus Baru?Polres Tanggamus Polda Lampung membentuk Satgas Antibegal. (Dok. Polres Tanggamus).

Kasatreskrim Polres Tangamus, Iptu Hendra Safuan menjelaskan pembentukan tim Satgas Antibegal guna memberikan ketenangan kenyamanan kepada pemudik ataupun warga Tanggamus. Guna mencapai target pencegahan dan pengungkapan, Polres Tanggamu  akan membagi empat tim.

Empat tim itu ada satu yang ditunjuk sniper dengan kelebihannya menggunakan senjata laras panjang maupun senjata pendek.

"Jadi empat tim ini akan saya bagi timnya. Ring satu, ring dua, ring tiga dan ring empat. Utara, barat, selatan dan timur jadi kita bagi untuk memberikan rasa kenyamanan utamanya kegiatan menjelang lebaran dan pemudik melintasi jalan lintas barat," ucapnya.

Ia menambahkan, bentuk kegiatan Satgas Antibegal akan melaksanakan mobile atau hunting, dari satu tempat ke tempat lain. Jadi ada kegiatan monitoringnya jadi dari ring satu atau dua ada pertukaran setiap jamnya," tandasnya.

Ada call center 110

Melongok Tim Satgas Antibegal Polres Tanggamus, Pasukan Khusus Baru?Ilustrasi call center. (google)

Widhy menyatakan, masyarakat tidak perlu takut apabila bisa untuk melawan atau segera mungkin melaporkan kepada aparat kepolisian. Itu jika menjadi korban atau melihat kasus pembegalan dan kejahatan lain.

Untuk mendukung itu, Polres Tanggamus telah menyediakan layanan Call Center 110 yang dapat langsung terhubung ke SPKT dan piket fungsi Reskrim. "Ini juga termonitor oleh jajaran Tekab dan diluar itu juga semua Kapolsek ataupun PJU kita arahkan untuk mengshare nomor telepon kepada masyarakat," papar Widhy.

Terhadap pelaku begal, akan dilakukan tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku mengedepankan profesionalitas. "Sikap tegas itu sangat diperlukan namun sesuai dengan peraturan yang berlaku tetap dilakukan secara profesional apakah pelaku itu membahayakan jiwa orang lain maupun anggota sendiri tindakan tegas itu harus dilakukan," jelasnya.

Terhadap masyarakat apabila dalam kondisi tertentu berani melawan begal imbuh Widhy akan diberikan penghargaan merujuk perintah kapolda Lampung. Ia juga memastikan momen arus mudik, akan nyaman dan aman bagi pemudik.

"Imbauan kami kepada masyarakat yang akan mudik melewati wilayah Tanggamus ataupun melalui jalur lintas barat yang mengarah ke Bengkulu silakan melewati jalur Tanggamus. Kami akan sedia 24 jam memastikan keamanan dan kenyamanan mudik," ucap Widhy

Baca Juga: Ponpes Annuroniyah Tanggamus Terbakar, Dipicu Korsleting?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya