Longsor di Lampung Barat, Polisi Terapkan Buka Tutup Jalan

jalur itu akses masyarakat akan berwisata ke Pantai Krui

Intinya Sih...

  • Longsoran tanah di KM 17 Pekon Kubu Perahu Kabupaten Lampung Barat sejak Minggu (14/4/2024).
  • Personel Polres Lampung Barat berjaga dilokasi longsoran secara estafet, mengatur lalu lintas akses masyarakat ke Pantai Krui.
  • Kendaraan didominasi roda empat mini bus penumpangnya akan melakukan wisata pantai ke Pesisir Barat, menyebabkan kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Pesisir Barat, IDN Times - Ada longsoran tanah di KM 17 Pekon Kubu Perahu Kabupaten Lampung Barat sejak Minggu (14/4/2024). Personel Polres Lampung Barat hingga hari ini, Senin (15/4/2024) masih tetap berjaga dilokasi longsoran secara estafet.

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Lampung, Kantong Parkir di Bakauheni Penuh

1. Kerahkan personel satlantas dan samapta

Longsor di Lampung Barat, Polisi Terapkan Buka Tutup JalanIlustrasi akses jalan( ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kasatlantas Polres Lampung Barat, Iptu David Pulner mengatakan, personel Satlantas dan Samapta dikerahkan untuk mengatur lalu lintas. Apalagi jalur itu akses masyarakat yang akan berwisata ke wilayah Pantai Krui Kabupaten Pesisir Barat.

Tujuannya, mengatur kendaraan melintas dan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan untuk melintasi lokasi Longsor. Polres Lampung Barat menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas melalui jalur KM17 pekon Kubu Perahu Lampung Barat, tetap berhati hati terutama pada saat cuaca hujan dikhawatirkan akan terjadi longsor.

2. Berlaku sistem buka tutup jalan

Longsor di Lampung Barat, Polisi Terapkan Buka Tutup JalanIlustrasi jalur rawan longsor (IDN Times/Rangga Erfizal)

David menjelaskan, penumpukan kendaraan di lokasi longsor diakibatkan belum maksimalnya jalan sehingga masih diberlakukannya sistem buka tutup jalan. Kebetulan kondisi jalan sebelum longsor belum selesai diperbaiki 100 persen. Alhasil, jalan hanya dapat dilalui satu jalur saja.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengatasi kemacetan akibat menumpuknya kendaraan melintasi lokasi longsor. Kendaraan didominasi roda empat mini bus penumpangnya akan melakukan wisata pantai ke Pesisir Barat.

3. Puncak kunjungan masyarakat ke tempat wisata

Longsor di Lampung Barat, Polisi Terapkan Buka Tutup JalanPengunjung Pantai Segara Sari Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) melonjak drastis selama liburan Lebaran Idul Fitri 2024, Sabtu (13/4/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

David mengatakan, kemarin sore personel kepolisian berjibaku di sekitar area longsor mengatur arus lalu lintas kendaraan. Pasalnya, saat kejadian menjadi puncak masyarakat melakukan wisata ke Pantai Krui, sehingga kendaraan cukup padat melintasi lokasi KM17 ini.

Kami melakukan pengaturan dan penjagaan di sini dari pagi hari hingga tadi malam pukul 21.00 WBB. Alhamdulillah semua berjalan aman dan sampai saat ini lalu lintas kembali normal,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemudik Asal Palembang Hendak ke Bekasi Meninggal di Kapal Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya