Libur Lebaran Wisata Pantai Pesawaran Kerap Macet, Ada Sistem One Way

Sistem one way diterapkan apabila zona merah

Intinya Sih...

  • Sistem one way diterapkan di Simpang Sukamaju, Teluk Betung Timur untuk mengatasi kemacetan saat libur lebaran.
  • Penerapan arus lalulintas akan berlaku pada arus balik dari objek wisata pantai Kabupaten Pesawaran.
  • Penerapan tiga zona (hijau, kuning, merah) bergantung pada situasi arus lalulintas dan berlaku dari pukul 06.00-20.00 WIB.

Bandar Lampung, IDN Times - Objek wisata pantai di Kabupaten Pesawaran salah satu arus lalu lintas kerap memicu kemacetan saat libur lebaran. Mengantisipasi terjadinya kemacetan parah, Polresta Bandar Lampung akan menerapkan sistem one way di Simpang Sukamaju, Teluk Betung Timur.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan di jalur tersebut karena banyaknya masyarakat yang pergi dan pulang dari wilayah pantai Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga: Pemudik Warga Rejang Lebong Bengkulu Meninggal di Pelabuhan Bakauheni

1. Sistem one way apabila zona merah

Libur Lebaran Wisata Pantai Pesawaran Kerap Macet, Ada Sistem One Wayunsplash.com/J Torres

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri mengatakan penerapan arus lalulintas ini akan berlaku pada arus balik ditempat wisata.

"Untuk mengurai kepadatan kendaraan saat para wisatawan akan pulang dari pantai, kami dari Satlantas Polresta Bandar Lampung akan menerapkan sistem one way. Penerapan ini akan dilakukan jika kondisi lalulintas memasuki zona merah," jelasnya, Kamis (11/4/2024).

2. Tiga zona berdasarkan waktu

Libur Lebaran Wisata Pantai Pesawaran Kerap Macet, Ada Sistem One WayIlustrasi macet (freepik.com/rawpixel)

Ikhwan menyampaikan, penerapan skema arus lalu lintas di jalur tersebut akan dibuat tiga kategori yakni zona hijau, zona kuning dan zona merah. Penerapan tiga zona ini akan dilakukan sejak pukul 06.00-20.00 WIB.

Penerapan tiga zona itu tergantung situasi arus lalulintas. Ada zona hijau jika kondisi masih lancar, zona ini akan berlaku pada pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. Kemudian zona kuning pada pukul 08.00-09.00 WIB, kondisi mulai dipadati kendaraan wisatawan.

"Selanjutnya jika kondisi sudah mulai padat dan terjadi kemacetan akan diterapkan zona merah yang dimana kondisi arus lalulintas sudah mengalami kemacetan dan akan diberlakukan sistem buka tutup di tiga jalan utama di Simpang Sukamaju ini," tambah dia.

3. Warga diimbau patuhi peraturan lalulintas

Libur Lebaran Wisata Pantai Pesawaran Kerap Macet, Ada Sistem One Wayilustrasi kemacetan (pexels.com/Mikechie Esparagoza)

Ikhwan mengatakan, meski akan diterapkan skema aturan lalulintas tersebut, masyarakat diimbau agar selalu mematuhi peraturan lalulintas dan tidak saling mendahului kendaraan lainnya sehingga bisa meminimalisir kepadatan kendaraan.

"Kepada masyarakat, kami mengimbau patuhi aturan lalulintas ini agar kondisi jalan tidak mengalami kepadatan yang menghambat perjalanan. Kami juga mengimbau untuk selalu mengemudi dengan hati-hati demi keselamatan bersama," katanya.

Baca Juga: Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik 13-15 April 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya