Comscore Tracker

Konsumsi BBM Gasoline Naik tapi Gasoil Turun? Pertamina Bilang Ini

Periode Ramadan hingga Idul Fitri 2021

Bandar Lampung, IDN Times - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 bekerja sejak 26 April-30 Mei 2021.

Tim ini bertugas untuk memastikan agar kondisi stok dan penyaluran BBM serta LPG aman di wilayah Sumbagsel yang wilayahnya meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

Berikut IDN Times rangkum terkait konsumsi bahan bakar selama Ramadan dan Idul Fitri

Baca Juga: H-1 Lebaran Pertamina Sidak LPG 3 Kg, Ada Pangkalan Terciduk 'Nakal'

1. BBM jenis gasoline naik 11,1 persen

Konsumsi BBM Gasoline Naik tapi Gasoil Turun? Pertamina Bilang IniPT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021. (IDN Times/Istimewa).

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan, mengatakan, berdasarkan data Satgas RAFI 2021 per 16 Mei 2021, Pertamina MOR Sumbagsel mencatat adanya kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Gasoline sebesar 11,1 persen. Presentase itu naik dari rata-rata konsumsi normal harian (Januari-Maret 2021) yaitu sebesar 7.448 KL.

Kenaikan signifikan terjadi pada produk-produk BBM berkualitas dan ramah lingkungan. BBM jenis Pertamax konsumsinya naik sebesar 35 persen dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 733 KL.

Begitu juga Pertamax Turbo tercatat konsumsinya naik sebesar 22 persen dibandingkan konsumsi normal harian yaitu 53 KL. Sedangkan Pertalite naik sebesar 20 persen dibandingkan konsumsi normal harian yaitu 4.220 KL.

2. Gasoil dan Avtur turun

Konsumsi BBM Gasoline Naik tapi Gasoil Turun? Pertamina Bilang Ini(Ilustrasi maskapai penerbangan) ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Bagaimana konsumsi BBM jenis Gasoil? Umar menerangkan, mengalami penurunan sebesar 8,3 persen dibandingkan konsumsi normal harian yaitu sebesar 4.517 KL.

Hal yang sama terjadi pada konsumsi Avtur yang mengalami penurunan sebesar 13 persen dari rata-rata konsumsi normal harian yaitu sebesar 42 KL.

Untuk LPG, konsumsinya naik sebesar 9,8 persen dibandingkan konsumsi normal harian yaitu sebesar 1.970 MT.

3. Pertamina klaim stok BBM dan LPG aman

Konsumsi BBM Gasoline Naik tapi Gasoil Turun? Pertamina Bilang IniPT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021. (IDN Times/Istimewa).

Umar mengatakan, saat ini masyarakat sudah konsisten untuk menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. "Ini membuktikan bahwa masyarakat telah merasakan manfaat penggunaan BBM berkualitas yang mendukung performa kendaraan," tambah Umar.

Pertamina tetap berkomitmen untuk melayani kebutuhan BBM dan LPG dengan baik menjelang dan setelah berakhirnya periode Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2021. "Kondisi stok BBM dan LPG saat ini juga dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Sumbagsel," tutup Umar.

Terkait informasi dan layanan produk, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Baca Juga: Hore! Pertalite Seharga Premium Segera Hadir di Lampung Utara

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya