Kisah Pemudik Lawan Rasa Bosan Tunggu Masuk Kapal di Bakauheni

Berjam-jam menunggu giliran masuk kapal ferry

Intinya Sih...

  • Pemudik menunggu kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni hingga beberapa jam, melakukan beragam aktivitas untuk mengatasi rasa bosan.
  • Beberapa pemudik seperti Ida mengabadikan momen dengan selfie, sementara Menik memilih membeli jajanan di Anjungan Dermaga Eksekutif.
  • Sarifudin dan keluarga kecilnya memanfaatkan waktu menunggu dengan istirahat dan membeli bekal untuk perjalanan di kapal.

Lampung Selatan, IDN Times - Menunggu kedatangan kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni hingga beberapa jam menjadi cerita para pemudik mobil pribadi dan roda dua.

Agar tidak bosan menunggu kapal bersandar, bongkar muat hingga masuk kapal untuk berlayar ke Pelabuhan Merak, beragam aktivitas mereka lakukan. Berikut IDN Times rangkum cerita pemudik arus balik Lebaran 2024 saat diwawancarai, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga: Cerita Pemudik Motor, Ingin ke Pelabuhan Panjang Malah ke Bakauheni

1. Abadikan momen di pelabuhan untuk berfoto

Kisah Pemudik Lawan Rasa Bosan Tunggu Masuk Kapal di Bakauheniilustrasi bersama keluarga (freepik.com/freepik)

Ida (52), mengeluarkan gawai dari tasnya. Sejurus kemudian, ia bersama kerabatnya mengabadikan momen di area Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni foto selfie berlatar kapal ferry akan bersandar. 

Aktivitas itu dilakukannya untuk mengatasi rasa bosan lantaran sudah 1,5 jam kendaraannya parkir di buffer zone antre masuk ke kapal. 

"Maklum (antre masuk kapal) berjam-jam. Lebaran sudah tradisi, jadi isi waktu turun dari mobil keliling-keliling dan foto-foto," seloroh warga Condet Jakarta Timur ini. 

2. Beli jajanan di Anjungan Dermaga Eksekutif

Kisah Pemudik Lawan Rasa Bosan Tunggu Masuk Kapal di BakauheniArus balik pemudik sepeda motor terpantau sedang antre untuk masuk ke Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing)

Cerita lainnya diutarakan Menik (55) warga Jogja baru saja mudik lebaran ke Bandar Lampung. Agar tak bosan menunggu antrean masuk ke kapal ferry ia menyempatkan beli jajanan di Anjungan Dermaga Eksekutif. 

"Saya berenam dari Tanjungkarang (Bandar Lampung) semobil. Dari Jogja saya ke Jakarta dulu baru ke Lampung. Biar gak bosan liat-liat di sini dan beli jajanan," jelasnya. 

3. Beli bekal untuk makan di kapal

Kisah Pemudik Lawan Rasa Bosan Tunggu Masuk Kapal di BakauheniSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Kisah unik lainnya disampaikan Sarifudin hendak pulang ke Balaraja Banten. Ia bersama istri dan satu anak mengendarai sepeda motor dari Lampung Timur pukul 16.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Bakauheni pukul 18.30 WIB. 

Sembari menunggu kapal tiba dan pemudik masuk ke kapal, ia dan keluarga kecilnya beristirahat di sekitar Dermaga Eksekutif. 

"Ini abis beli bekal buat dimakan di kapal. Beli (tiket) Eksekutif biar gak lama nunggu. Mungkin sampai Balaraja sekitar 11 malam," katanya. 

Baca Juga: Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya