Keren! Keluarga Peserta CASN Bisa Pantau Skor via Streaming YouTube

Pemprov dan BKN apresiasi lokasi tes di ITERA

Lampung Selatan, IDN Times - Mewakili Gubernur Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto dan Kepala Kantor Regional V BKN, Julia Leli Kurniatri meninjau pelaksanaan hari pertama tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di lingkungan provinsi, dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dipusatkan di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Selasa (14/9/2021).

Pemprov Lampung dan BKN mengapresiasi ITERA yang kembali dipilih menjadi lokasi pelaksanaan tes CASN di Provinsi Lampung dan menyediakan infrastruktur tes sesuai standar nasional.

Saat Sekda dan BKN meninjau pelaksanaan tes, diterima oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Prof Sukrasno, Kepala Biro Umum dan Akademik drh Sri Sulistiawati, dan Ketua panitia pelaksana tes CPNS di ITERA Msy Lies Andriani. Turut hadir jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, yang menjadi kabupaten pertama penyelengara tes.

Baca Juga: Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di Itera

1. Keluarga peserta bisa memantau skor melalui streaming YouTube

Keren! Keluarga Peserta CASN Bisa Pantau Skor via Streaming YouTubeHari pertama tes SKD CASN 2021 di Kampus ITERA), Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Sekda Lampung, Fahrizal Darminto turut memberikan arahan dan motivasi kepada peserta sesi pertama tes untuk Pemkab Lampung Selatan. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ITERA yang telah menyediakan infrastruktur tes dengan baik. 

Selain itu, Sekda juga menekankan, pelaksanaan tes CASN saat ini sangat transparan dan akuntabel. Sebab peserta dapat langsung melihat hasil nilai setelah selesai tes. Selain itu, keluarga peserta juga bisa memantau skor melalui streaming YouTube. 

“Seluruh peserta harus yakin tes ini transparan dan akuntabel. Jika ada orang yang menjanjikan dan mengiming-imingi bisa lulus, jangan percaya, karena dipastikan itu penipuan,” ujar Fahrizal.

2. Ada 44 ribu peserta CASN se-Lampung

Keren! Keluarga Peserta CASN Bisa Pantau Skor via Streaming YouTubeHari pertama tes SKD CASN 2021 di Kampus ITERA), Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Fahrizal menyatakan, akan ada lebih dari 44 ribu peserta CASN se-Lampung. Tes akan diadakan secara bergiliran untuk setiap kabupaten/kota. Sebagai pembuka tes dilakukan untuk Pemkab Lamsel, disusul Pesawaran, Bandar Lampung, dan daerah lainnya.

Kepala kantor regional V BKN, Julia Leli Kurniatri, menyampaikan pelaksanaan tes tahun ini mengalami beberapa inovasi, dan kemajuan di antaranya adanya verifikasi wajah melalui web camera, diawal registrasi, dan disaat login di akun tes. Sehingga hanya benar-benar peserta sesuai identitas yang mengikuti tes, dan bisa masuk ke ruangan dan mengikuti ujian. 

Selain itu, tes yang dilakukan di tengah pandemik membuat pelaksanaan tes menerapkan protokol kesehatan ketat. Penyelenggara menyediakan ruangan khusus untuk peserta dengan suhu diatas 37,3 derajat celcius.

“Bahkan jika ada yang positif dan diketahui sebelum tes akan dijadwalkan ulang, akan tetapi jika sudah hadir dan positif, akan mengikuti tes di ruang terbuka yang disediakan,” ujar Julia.

3. ITERA siapkan sarana prasarana terbaik

Keren! Keluarga Peserta CASN Bisa Pantau Skor via Streaming YouTubeHari pertama tes SKD CASN 2021 di Kampus ITERA), Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Julia mengapresiasi ITERA yang mampu memenuhi kebutuhan tes, termasuk perangkat verifikasi wajah, dan menyediakan web camera aktif di seluruh komputer peserta. Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga dinilai sangat sesuai, mulai dari akses masuk lokasi tes dan kemudahan peserta mendapatkan akses informasi melalui media. 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Prof Sukrasno, menyampaikan, pihaknya berupaya menyediakan sarana tes yang terbaik dan sesuai standar. Hal ini menjadi bagian peran ITERA sebagai perguruan tinggi bidang teknologi yang terus mendukung program pemerintah, baik provinsi maupun nasional, termasuk penyelenggaraan tes CPNS dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

ITERA telah menyiapkan 400 unit komputer utama, dan 40 komputer cadangan dalam pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS. Seluruh komputer dengan kualifikasi di atas standar yang ditetapkan BKN tersebut tersebar di tujuh ruangan yang dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 3 ITERA. Selain komputer, ITERA juga telah memastikan kestabilan jaringan internet dan jaringan listrik selama pelaksanaan tes.

Ketua Panitia Pelaksanaan Tes CPNS di ITERA, Msy Lies Andriani, menyampaikan, ITERA telah mempersiapan perangkat tes yaitu unit komputer, dan pemasangan jaringan internet dengan semaksimal mungkin. Unit komputer yang disediakan juga sudah semuanya dilengkapi dengan web camera sesuai standar BKN.

Baca Juga: Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di Itera

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya