Kecelakaan Beruntun 4 Kendaraan di Tol Lampung, Dipicu Sopir Bus?

Libatkan bus, pikap, Innova dan Fortuner

Bandar Lampung, IDN Times - Kecelakaan beruntun terjadi di KM 152+400 Jalur B, Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Sabtu, (30/4/2022) Pukul 07:30 WIB.

Kecelakaan itu melibatkan bus plat kendaraan BG 7126 W, pikap Hilux plat BH 1593 MR, minibus Fortuner BG 4 K, dan minibus Innova BM 9386 DF.

Kasat PJR Ditlantas Polda Lampung, AKBP Sugeng mengatakan, imbas lakalantas tersebut, satu penumpang meninggal dunia dan satu luka berat. Lokasi kecelakaan masuk wilayah hukum Polres Lampung Tengah.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Truk Vs Truk di Tol Lampung, Satu Meninggal

Kronologi kecelakaan

Kecelakaan Beruntun 4 Kendaraan di Tol Lampung, Dipicu Sopir Bus?Kecelakaan beruntun terjadi di KM 152+400 Jalur B, Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Sabtu, (30/4/2022) pukul 07:30 WIB. (Dok. HK).

Branch Manager Ruas Tol Terpeka, Yoni Satyo Wisnuwardhono, menyampaikan, berdasarkan hasil investigasi lapangan, kendaraan bus, pikap Hilux, Fortuner,  dan Innova melaju dari arah Palembang menuju ke arah Lampung. Sesampainya di TKP diduga pengemudi bus mengantuk sehingga mengakibatkan kendaraan oleng dan terguling di lajur lambat.

Kemudian kendaraan pikap Hilux karena tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan pengereman menabrak bus. Disusul kendaraan Fortuner menabrak bagian belakang kendaraan pikap Hilux dan kendaraan Innova akhirnya menabrak minibus Fortuner yang berada di depannya.

"Posisi akhir kendaraan Bus di lajur lambat, pickup Hilux di lajur cepat, minibus Fortuner di bahu jalan dan minibus Innova di bahu jalan menghadap ke arah selatan," jelas Yoni.

Penanganan dilakukan HK dan kepolisian

Kecelakaan Beruntun 4 Kendaraan di Tol Lampung, Dipicu Sopir Bus?Kecelakaan beruntun terjadi di KM 152+400 Jalur B, Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Sabtu, (30/4/2022) pukul 07:30 WIB. (Dok. HK).

Yoni mengatakan, kecelakaan ini tidak berdampak pada arus lalu lintas di jalan tol serta telah ditangani Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya selaku pengelola Ruas Tol  Terpeka. Penanganan juga melibatkan pihak kepolisian daerah setempat.

Lokasi kejadian telah kembali normal pada pukul 08:49 WIB. "Adapun untuk informasi mengenai jumlah dan identitas korban dapat menghubungi pihak kepolisian setempat," jelasnya.

Imbau pengguna jalan patuhi tata tertib jalan tol

Kecelakaan Beruntun 4 Kendaraan di Tol Lampung, Dipicu Sopir Bus?Marak terjadi kecelakaan, PT HK dan PJR Polda Lampung lakukan penindakan speed gun di JTTS, Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Yoni menyampaikan, Hutama Karya turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib berlaku di jalan tol.

Contohnya, berkendara di kecepatan maksimal 80 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk, serta selalu SETUJU keselamatan adalah nomor satu.

Baca Juga: Strategi Hutama Karya Antisipasi Kepadatan Mobil di Gerbang Tol Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya