Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari Bakauheni

Arus balik lebaran menuju Pulau Jawa

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno memerkirakan, 200 ribu lebih kendaraan akan kembali ke Pulau Jawa pada periode arus balik Lebaran 2022. Diperkirakan 6-8 Mei 2022 (Jumat sampai Minggu) peningkatan tertinggi arus balik.

"Karena ada 200 ribu kendaraan yang masuk ke Pulau Sumatra saat mudik. Dan 200 ribu lebih mungkin akan kembali ke Pulau Jawa," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Jadi Korban Begal Saat Mudik, Motor Pemudik Way Kanan Dikembalikan

Imbau masyarakat secepatnya kembali ke daerah asal

Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari BakauheniKegiatan pengawalan pemudik motor dari Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hendro meminta kepada personel Polda Lampung dan polres jajaran merapatkan barisan dan kekuatan. Tujuannya, mengamankan arus balik dengan baik.

Di sisi lain, ia tak menampik, hingga H+3 Lebaran, arus balik masih sangat sedikit. Dari data ASDP pembelian tiket arus balik belum ada hitungan ribuan.

"Dimana mulai hari ini sampai tanggal 9 Mei 2022 proses arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa berlangsung. Dan kita juga telah mengimbau kepada seluruh masyarakat kalau bisa secepatnya melaksanakan balik, agar tidak terjadi kemacetan," tegasnya.

Lampung jadi titik sentral arus balik

Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari BakauheniSituasi mudik H-2 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menurut Hendro, Lampung sekarang telah menjadi titik sentral, dan orang melihat bagaimana pengamanan arus balik. Untuk itu, harapannya penanganan harus lebih baik dari arus mudik.

Ia berpesan kepada kapolres, saat ini arus balik berangsur sudah mulai terjadi. "Sekarang kita sudah masuk dalam pengamanan arus balik, dan kita membutuhkan pemikiran, energi dalam menangani arus balik yang berangsur telah mulai," kata Hendro.

Fokus menteri tertuju ke Pelabuhan Bakauheni

Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari BakauheniMenteri BUMN Erick Thohir;  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy meninjau Pelabuhan Bakauheni, Rabu (4/5/2022). (Instagram.com/pemprovlampung_)

Jenderal bintang dua ini menambahkan, ada beberapa masalah yang terjadi di Banten dan Merak saat arus mudik lebaran. Bahkan, Polda Lampung sudah berapa kali rapat setiap kunjungan menteri ke Lampung.

Para menteri yang berkunjung ke Lampung ini semuanya tujuannya mengecek kesiapan pengamanan arus balik di Lampung dan semuanya tertuju di Pelabuhan Bakauheni. Untuk itu, Hendro meminta semua tugas ini menjadi tanggung jawab bersama.

"Bagaimana konsep yang sudah kita buat dan disepakati, dihargai dan diapresiasi baik oleh Kapolri dan menteri-menteri yang datang kesini, dan bagaimana kita menjalankan konsep strategi kita untuk melakukan pengamanan operasi kemanusiaan arus balik ini," katanya. 

Baca Juga: Pelindo Regional 2 Siapkan 3 Dermaga di Pelabuhan Panjang bagi Pemudik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya