Kapolda: Personel Berjaga di Penyimpanan Logistik, KPU dan Bawaslu

Personel berjaga di penyimpanan logistik

Intinya Sih...

  • Personel Polda Lampung amankan PSU di berbagai TPS Provinsi Lampung
  • Proses rekapitulasi di PPK berlangsung aman dan lancar, personel Polda Lampung berjaga dari kelurahan hingga kecamatan
  • Dugaan kecurangan pemilu di TPS 19 menjadi ranah Bawaslu dan Gakkumundu untuk penanganan, disayangkan oleh Wali Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Helmi Santika menyatakan, personel Polda Lampung dikerahkan guna mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di berbagai TPS Provinsi Lampung, Minggu (18/2/2024). 

"Insyaalah semua berjalan lancar seperti yang saat ini kita lihat di TPS 19 ini sedang berlangsung. Mudah mudahan ini juga memberikan tanda baik bagi kita semua," jelasnya kepada awak media saat meninjau TPS 19. 

1. Personel berjaga di penyimpanan logistik

Kapolda: Personel Berjaga di Penyimpanan Logistik, KPU dan BawasluApel Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata Krakatau 2023-2024 dalam rangka pengaman Pemilu 2024, Senin (12/2/2024). (DOK. Polda Lampung).

Kapolda menjelaskan, proses rekapitulasi di PPK digelar sejak Sabtu hingga hari ini berlangsung aman dan lancar. Ia memastikan, personel Polda Lampung juga berjaga dari kelurahan hingga kecamatan. Itu lantaran logistik pemilu posisi sudah berada di kecamatan. 

"Khusus anggota polda itu saya tambah sampai dengan hari ini karena sudah rata-rata logistik pemilu itu sudah dikecamatan. Jadi ditarik dipolda untuk perkuatan dilakukan oleh polres. Kita akan fokus nanti pengamanan di KPU provinsi maupun KPU kabupaten/kota," ujar jenderal bintang dua ini. 

2. Ranah pidana serahkan ke gakkumdu

Kapolda: Personel Berjaga di Penyimpanan Logistik, KPU dan BawasluPemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 RT 012 LK 01 Kelurahan Way Kandis, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung digelar, Minggu (18/2/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Disinggung permasalahan dugaan kecurangan pemilu di TPS 19 Kelurahan Way Kandis Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung terindikasi pidana pemilu, Helmi mengatakan menjadi ranah Bawaslu dan Gakkumdu untuk penanganan. 

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana hadir meninjau TPS 19 menjelaskan, Pemkot Bandar Lampung turut memantau PSU di dua TPS kota setempat bersama kapolda, kapolres dan TNI. 

"Dan ini yang kata bunda tadi ini diluar dugaan kita, ini oknum (kecurangan pemilu. Maka dari itu ya Bawaslu yang bisa menindaklanjuti seperti apa biar jera, tidak terjadi lagi, bukan hanya di Bandar Lampung saja ya tapi dimana saja," tegasnya. 

3. Menyayangkan kecurangan pemilu di Bandar Lampung

Kapolda: Personel Berjaga di Penyimpanan Logistik, KPU dan BawasluBawaslu Kota Bandar Lampung bakal merekomendasikan proses pemungutan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Kelurahan Way Kandis, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Eva juga menyayangkan kecurangan pemilu di TPS 19.

"Sayang ya (kecurangan pemilu. Karena kita kan barometer kalo Bandar Lampung aman, insyaallah semua akan aman," ujarnya. 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya