Kapolda Lampung Klaim Situasi Lalu Lintas ke Bakauheni Zona Hijau

Belum berlaku delay system

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengklaim volume kendaraan dari ruas tol Lampung hingga Jalan Lintas Timur dan Tengah menuju ke Pelabuhan Bakauheni kategori hijau. 

Diketahui, ada tiga kategori delaying system. Green normal, yellow dalam artian antrean berjarak 1 km dari pintu gerbang pelabuhan dan red antrean berjarak 4 kilometer dari pintu gerbang pelabuhan.

Helmy menambahkan, pada situasi yellow, delaying system akan dilaksanakan dengan mengaktifkan lima rest area, dua buffer zone di Jalan Lintas Tengah dan dua bufferzone di Jalan Lintas Timur. Sedangkan pada situasi red, akan mengaktifkan semua rest area dan buffer zone

Baca Juga: Cerita Jurnalis Menahan Rindu ke Keluarga, Liputan Mudik di Bakauheni

1. Zona hijau akan terus dipertahankan

Kapolda Lampung Klaim Situasi Lalu Lintas ke Bakauheni Zona HijauSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Merujuk hal tersebut, kapolda menyatakan akan terus dipertahankan zona hijau.  "Akan terus kami pertahankan (zona hijau)," tegasnya. 

"Kami yakin dengan komunikasi, kolaborasi dan koordinasi semua stakeholder tetap pada situasi zona hijau," jelas Helmy saat mendampingi kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). 

Menurut Helmy, situasi arus lalu lintas kendaraan pemudik pada arus balik di Jalan Lintas Tengah, Timur dan Barat  lancar. Mudah-mudahan sampai mudik selesai saudara dapat kembali ke tempat tujuan dengan aman, tertib dan lancar," ujar jenderal bintang dua ini. 

2. Hingga H+3 siang belum berlaku delay system

Kapolda Lampung Klaim Situasi Lalu Lintas ke Bakauheni Zona HijauArus balik pemudik sepeda motor terpantau sedang antre untuk masuk ke Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing)

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menambahkan, kepolisian dan stakeholder terkait sudah terapkan pola antisipasi kemacetan arus lalu lintas. "Sehingga dampaknya ke luar jalan raya, tol atau arteri masih hijau," ujarnya. 

Merujuk arus lalu lintas tersebut, hingga H+3 arus balik belum menerapkan delay system.  Dekat system diterapkan jika kendaraan sudah overload. 

"Sampai siang ini gak berlaku (delay system). Kami tetap pantau situasi jalan cukup lancar dari Sumsel, Lampung hingga ke Merak dan Jakarta," kata Ali. 

Ia mengimbau, pemudik yang tiba di Pelabuhan Merak dari Bakauheni tetap jaga stamina. Jangan euforia turun dari Merak langsung lancar (perjalanan). Tetap kendalikan laju kendaraan agar selamat sampai tujuan, jangan langsung ngebut," tegasnya. 

3. Truk sumbu 3 ke atas ada pembatasan

Kapolda Lampung Klaim Situasi Lalu Lintas ke Bakauheni Zona HijauSuasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Disinggung pembatasan truk sumbu 3 ke atas, Ali mengatakan masih berlaku sampai periode arus balik selesai. 

"Kapolda, dirlantas sudah koordinasi. Sampai tanggal 16 dipastikan tak ada angkutan sumbu 3 ke atas," ujarnya. 

Baca Juga: Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari Merak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya