Kapolda Lampung Imbau Pemudik Pakai Kendaraan Resmi, Ada Apa?

Seperti apa kategori kendaraan resmi versi kapolda?

Intinya Sih...

  • Kapolda Lampung mengimbau pemudik menggunakan kendaraan resmi untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan pulang.
  • Kendaraan resmi diproduksi ATPM, bukan kendaraan palsu atau modifikasi, demi keamanan pemudik.
  • Pihak kepolisian akan meningkatkan patroli dan penindakan terhadap pelanggaran untuk mencegah kecelakaan selama arus balik pemudik.

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, mengimbau kepada pemudik akan kembali ke kota asalnya untuk menggunakan kendaraan resmi. Tujuannya, menjaga keamanan dan keselamatan para pemudik selama perjalanan pulang.

"Dalam menghadapi arus balik pemudik, kami mengimbau kepada seluruh pemudik yang menggunakan kendaraan umum atau sewa untuk memastikan bahwa kendaraan yang mereka gunakan adalah kendaraan yang resmi," tegasnya, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga: Ternyata Ini Permasalahan Delay System di Rest Area Lampung

1. Kategori kendaraan resmi versi kapolda

Kapolda Lampung Imbau Pemudik Pakai Kendaraan Resmi, Ada Apa?Penampakan antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada H-3 Lebaran 2024 sekitar pukul 11.45 WIB. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terkait kendaraan resmi yang dimaksud, Helmy menjelaskan, bukan kendaraan palsu, bodong, resmi diproduksi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Selain itu, bukan modifikasi dan sesuai spesifikasi mudik. 

"Penggunaan kendaraan yang tidak resmi dapat membahayakan keselamatan pemudik karena tidak dijamin keamanannya atau tidak mendapat sertifikasi dari pihak terkait," tukas pria berkacamata ini. 

2. Cegah terjadinya kecelakaan dan insiden lain

Kapolda Lampung Imbau Pemudik Pakai Kendaraan Resmi, Ada Apa?Kecelakaan bus Rosalia Indah di Tol Batang-Semarang KM370 (Istimewa)

Menurut kapolda, alasan pihaknya mengimbau seputar kendaraan dipakai pemudik lantaran menjadi perhatian serius dari pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau insiden lainnya selama masa arus balik.

Selain itu, Helmy juga menyarankan agar pemudik selalu mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga kecepatan serta jarak aman antar kendaraan.

"Kami akan meningkatkan patroli di jalanan dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang dapat membahayakan keselamatan pemudik maupun pengguna jalan lainnya," tambahnya.

3. Berharap pemudik lebih waspada

Kapolda Lampung Imbau Pemudik Pakai Kendaraan Resmi, Ada Apa?Pelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Helmy berharap, imbauan ini para pemudik dapat lebih waspada dan bertanggung jawab dalam memilih kendaraan untuk perjalanan pulang mereka.

Ini menjadi langkah preventif untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan arus balik pemudik berjalan lancar dan aman

Baca Juga: Waspada Pelemparan Batu Incar Mobil Melintas di Tol Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya