Comscore Tracker

Kala Mendagri Tito Seruput Kopi Robusta Tanggamus, Apkasi Otonomi Expo

Banyak komoditas unggulan Tanggamus diekspor

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi stand Kabupaten Tanggamus ajang Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo (AOE) 2021 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Kedatangan Mendagri disambut langsung Bupati Tanggamus Dewi Handajani didampingi Ketua Dekranasda Nur'aini Hamid Lubis serta sejumlah kepala OPD Pemkab Tanggamus.

"Silahkan kunjungi stand pameran Kabupaten Tanggamus Pak. Banyak produk seperti batik, tapis, kopi, pisang mas yang sudah berhasil diekspor serta produk UMKM lainnya," ujar bupati kepada Mendagri Tito.

Baca Juga: Profil Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Dijuluki Warga ‘Bunda Ratu’

1. Tito seruput kopi robusta khas Tanggamus

Kala Mendagri Tito Seruput Kopi Robusta Tanggamus, Apkasi Otonomi ExpoMendagri Tito Karnavian mengunjungi stand Kabupaten Tanggamus ajang Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021 di Jakarta Convention Center, Rabu (20/10/2021). (IDN Times/Istimewa).

Saat berkunjung, Mendagri Tito, tidak hanya melihat-lihat produk dan komoditas unggulan Kabupaten Tanggamus. Tito juga menikmati kopi robusta khas Kabupaten Tanggamus.

Bupati dalam kesempatan itu menyatakan rasa syukurnya atas kunjungan Mendagri Tito Karnavian ke stan Kabupaten Tanggamus. "Alhamdulillah, Mendagri Pak Tito, berkenan mengunjungi stan kita, dan juga menikmati kopi khas Tanggamus," kata Dewi

"Mudah-mudahan melalui even ini, potensi dan produk Tanggamus akan semakin dikenal dan mendapatkan perhatian. Sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanggamus," harapnya.

Dewi juga berharap stan pameran Kabupaten Tanggamus mendapat penilaian terbaik, serta bisa membawa juara untuk daerah berjuluk Bumi Begawi Jejama ini.

2. Dewi Handajani hadir langsung pembukaan AEO 2021 di Istana Bogor

Kala Mendagri Tito Seruput Kopi Robusta Tanggamus, Apkasi Otonomi ExpoBupati Tanggamus bersama 23 bupati lainnya, menghadiri secara langsung Pembukaan AEO 2021, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

Bupati Tanggamus bersama 23 bupati lainnya, menghadiri secara langsung Pembukaan AEO 2021, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021). Kegiatan AEO 2021 tersebut dibuka langsung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, serta dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta diikuti seluruh Bupati se Indonesia, baik secara langsung maupun virtual.

Presiden Jokowi mengapresiasi kegiatan AEO 2021. Menurut Presiden, kegiatan itu dapat menggerakkan perekonomian, dimasa pandemik COVID-19 saat ini.

Jokowi juga meminta para kepala daerah untuk terus meningkatkan volume ekspor. Itu melaui memfasilitasi para pelaku usaha untuk agresif memanfaatkan peluang ekspor yang ada.

“Mulai didorong produk apapun didorong untuk berani berkompetisi memanfaatkan peluang ekspor yang ada sehingga membuat produk kita dikenal dan kompetitif di pasar global,” kata presiden.

3. Bupati upayakan komoditas Tanggamus mampu menembus pasar global

Kala Mendagri Tito Seruput Kopi Robusta Tanggamus, Apkasi Otonomi ExpoPetugas mengawasi aktivitas bongkar muat peti kemas saat pelepasan ekspor komoditas pertanian serentak di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/8/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Presiden menuturkan, potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Itu harus dimanfaatkan sejumlah mitra dagang Indonesia, mulai dari Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, India, hingga Amerika Serikat.

“Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut,” tandasnya.

Terkait hal itu, Bupati Dewi Handajani menyatakan, akan terus mengupayakan agar semakin banyak komoditas Tanggamus mampu menembus pasar global.

"Sesuai arahan bapak Presiden tadi, tentu kita akan terus mengupayakan agar semakin banyak produk dan komoditas Tanggamus yang dapat menembus pasar global. Melalui peningkatan kualitas maupun kuantitas produk yang ada," jelasnya.

Baca Juga: Wamen Pertanian Sambangi Tanggamus, Melongok Ekspor Perdana Pisang Mas

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya