Jelang Pemilihan Ketua PWI Lampung, Juniardi Mantap Calonkan Diri

Ada tiga calon ketua digadang maju pemilihan

Bandar Lampung, IDN Times -  Konferensi Provinsi (Konferprov) akan digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung. Ajang ini bakal memilih ketua PWI Provinsi Lampung Masa Bakti 2021-2026. Saat ini ada tiga kandidat digadang akan maju sebagai calon ketua yakni, Juniardi, Nizwar, dan Wirahadikusumah

Ketiga calon tersebut notabene pengurus PWI Lampung saat ini. Semua calon ketua diperkirakan bakal memperebutkan suara 500 lebih anggota PWI Lampung guna menggantikan Ketua PWI Lampung saat ini diemban Supriyadi Alfian.

Meski pemilihan berlangsung Oktober atau November mendatang, para calon ketua mulai "panaskan mesin" memperkenalkan diri. Satu di antaranya bersedia IDN Times minta pendapatnya adalah Juniardi, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Lampung.

Baca Juga: Hari Pers Nasional 2021 Lampung, Ini Tanggapan AJI, PWI, dan Gubernur

1. Pede merujuk arus bawah dan survei

Jelang Pemilihan Ketua PWI Lampung, Juniardi Mantap Calonkan DiriIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Juniardi mengatakan, merujuk arus bawah dan beberapa survei, memacunya untuk menahkodai PWI Provinsi Lampung periode mendatang. Menurutnya, sebagai anggota dan pengurus aktif PWI Lampung, kepercayaan publik wajar-wajar saja diberikan kepadanya.

“Persiapan menuju ke arah itu selalu saya lakukan. Wajar toh, kaderisasi dalam sebuah organisasi penting dilakukan. Track record seorang pemimpin harus dikuliti. Dan visi saya Maju Sejahtera Bersama,” kata Pemimpin Redaksi sinarlampung.co ini, Minggu (29/8/2021).

2. Tak banyak umbar janji

Jelang Pemilihan Ketua PWI Lampung, Juniardi Mantap Calonkan DiriPexels.com/Pixabay

Juniardi menyatakan, apabila mendapat kepercayaan, tidak banyak umbar janji. Ia hanya akan konsen membesarkan organisasi PWI Provinsi Lampung dengan memberdayakan seluruh pengurus PWI mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Menurutnya, hingga saat ini peluang menduduki ketua PWI Provinsi Lampung masih terbuka lebar. Bahkan, tak menutup kemungkinan ada calon lain diluar tiga nama yang sudah menyeruak.

“Terpublish di beberapa media masih dua calon yang menyatakan siap. Nizwar dan Wirahadikusumah. Dan hari ini saya menyatakan siap,” tegas mantan Ketua Informasi (KI) Lampung tersebut.

3. Kritisi konsep pemilihan

Jelang Pemilihan Ketua PWI Lampung, Juniardi Mantap Calonkan DiriIlustrasi Kebebasan Bersuara (IDN Times/Arief Rahmat)

Juniardi mengatakan, meski Konferprov PWI Lampung digelar Oktober atau November, ia mengkiritisi konsep pemilihan ketua PWI yang dinilainya tak demokratis.

“Kehadiran anggota dalam arena konfercab saya fikir masuk dalam kategori wajib fardu ain. Bukan setor kartu dan mandat. Kalau sedang dalam keadaan dirawat karena COVID-19 atau stroke gak masalah ada mandat,” tegasnya.

Baca Juga: PWI: Dikritik Publik Berita ‘Ngawur’, Jurnalis Belum Kuasai Jurnalistik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya