Jalan Protokol Pringsewu Padat Kendaraan, Ini Skema Rekayasa Lalin

Disiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas libur lebaran

Pringsewu, IDN Times - H+1 Idul Fitri 1443 H, jalanan protokol Kota Pringsewu diramaikan mobilitas masyarakat hendak bersilaturahmi dan berwisata dalam maupun keluar daerah, Selasa (3/5/2022). Masyarakat mayoritas berkendara sepeda motor dan mobil pribadi.

Imbas mobilitas itu, sejak pagi hingga sore ini, arus lalu lintas dari dan menuju Pringsewu terlihat ramai. Tapi kondisi itu tidak sampai menyebabkan kemacetan.

"Namun arus lalu lintas sempat tersendat karena banyaknya kendaraan yang hendak berbelok atau memutar arah," kata Kanit Patroli Polres Pringsewu Aiptu Joko.

Baca Juga: H-2 Lebaran, Kendaraan Nopol Luar Lampung Dominasi Jalinbar Pringsewu

Siapkan skema rekayasa lalin

Jalan Protokol Pringsewu Padat Kendaraan, Ini Skema Rekayasa LalinH+1 Idul Fitri 1443 H, jalanan protokol Kota Pringsewu diramaikan mobilitas masyarakat, Selasa (3/5/2022). (Dok. Polres Pringsewu).

Joko menjelaskan, apabila terjadi kemacetan lalu lintas, Satlantas Polres Pringsewu telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Di antaranya mengalihkan sebagian arus lalu lintas melalui jalur alternatif.

Pertama, arus lalulintas dari arah Kota Agung Kabupaten Tanggamus, akan dibelokkan masuk Jalan Olahraga-Jalan Satria-Jalan Pringadi-Podomoro dan tembus di simpang Pusri Sidoharjo.

Sedangkan dari arah sebaliknya, arus lalin akan dialihkan dari simpang langlang buana- Jalan Pelita-Jalan Melati-Jalan Ki Hajar Dewantara-Jalan Palapa Gunung Kancil dan keluar di simpang kolam renang Paris Pajaresuk.

Rekayasa lalin antisipasi kemacetan

Jalan Protokol Pringsewu Padat Kendaraan, Ini Skema Rekayasa LalinH+1 Idul Fitri 1443 H, jalanan protokol Kota Pringsewu diramaikan mobilitas masyarakat, Selasa (3/5/2022). (Dok. Polres Pringsewu).

Joko menyatakan, rekayasa lalu lintas tersebut akan diterapkan apabila memang terjadi kepadatan lalulintas atau kemacetan dilokasi rawan macet disepanjang pasar induk Pringsewu hingga jembatan Way Bulok Pekon Sidoharjo.

Ia menambahkan, hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah, dari pagi hingga siang mayoritas kendaraan bergerak dari arah Pringsewu menuju Bandar Lampung. Sedangkan sore harinya arus lalin didominasi dari arah bandar Lampung menuju Pringsewu.

Pengendara diminta tertib dan patuhi rambu serta anjuran petugas

Jalan Protokol Pringsewu Padat Kendaraan, Ini Skema Rekayasa Lalinlalulintas kendaraan melintas di ruas Jalan Lintas Barat Pringsewu terpantau meningkat H-2 lebaran. (Dok. Polres Pringsewu).

Joko mengatakan, guna memberikan rasa aman dan kelancaran masyarakat, satgas urai dari satlantas dibantu personel Sat Samapta Polres Pringsewu telah dikerahkan di jalan untuk melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalin.

"Sampai saat ini personel yang tergabung dalam Operasi Ketupat Krakatau 2022 Polres Pringsewu sedang melakukan atur lalin di lapangan," terangnya

Demi kelancaran di jalan, Joko mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk tertib dan mematuhi rambu rambu serta anjuran petugas di lapangan. "Demi keamanan dan keselamatan bersama, kami berharap masyarakat khususnya pengendara sepeda motor maupun mobil agar berhati-hati, dan mematuhi aturan maupun petunjuk petugas di lapangan." tandasnya.

Baca Juga: Cerita Kapolres Pringsewu dan Tanggamus Salat Id di Mapolres

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya