Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke Ciwandan

Berapa harga tiket penyeberangan?

Intinya Sih...

  • Pelabuhan Panjang melayani penyeberangan arus balik pemudik sepeda motor ke Pelabuhan Ciwandan Banten.
  • ASDP akan mengoperasikan tiga kapal untuk penyeberangan, dengan pembatasan kuota dan pembelian tiket online.
  • Tarif penyeberangan dari Panjang ke Ciwandan bervariasi, mulai dari Rp 26.500 hingga Rp 481.800.

Bandar Lampung, IDN Times - Pelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). Layanan penyeberangan itu dapat menjadi opsi pemudik mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan saat arus balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Panjang, Jece Julita Piris mengatakan, layanan arus balik penyeberangan di Pelabuhan Panjang beroperasi 12-18 April 2024. Di pelabuhan ini ASDP akan mengoperasikan tiga kapal yaitu, KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina dan KMP Amadea.

1. Khusus roda dia dan roda empat kecil

Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke CiwandanPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Jece menjelaskan, layanan penyeberangan Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan diperuntukkan bagi kendaraan roda dua dan roda empat (kendaraan kecil). Namun, layanan ini ada pembatasan kuota.

Terkait pembelian tiket, melalui aplikasi Ferizy secara online. Untuk update informasi mengenai layanan tiket online dapat diperoleh pada Buffer Zone yang disiapkan ASDP atau menghubungi petugas contact centre di 021-191 atau 0811-1021191.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Motor Diangkut KM Panorama Tiba di Pelabuhan Panjang

2. Jadwal dan harga tiket

Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke CiwandanPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Jadwal layanan arus balik Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan sebagai berikut :
12 April 2024 (dua kapal)

  • KMP Elvina pukul 12.00 WIB
  • ⁠KMP Panorama Nusantata pukul 14.00 WIB

13-18 April 2024 (tiga kapal)
- KMP Elvina pukul 12.00 WIB
- ⁠KMP Panorama Nusantara pukul 14.00 WIB
- ⁠KMP Amadea pukul 16.00 WIB

Tarif penyeberangan Panjang - Ciwandan

  • Golongan I Rp 26,500
  • Golongan II Rp 62,100
  • Golongan III Rp 133,000
  • Golongan IV
  • Kendaraan Penumpang Rp 481,800
  • Kendaraan Barang Rp 447.800

3. Buka layanan penyeberangan di BBJ untuk kendaraan tertentu

Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke CiwandanSuasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menjelaskan, ASDP juga membuka layanan penyeberangan melalui pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Muara Pilu di Kecamatan Bakauheni Lampung Selatan. Layanan itu berlaku untuk kendaraan golongan VII, VIII dan IX akan dialihkan

"Untuk jadwal kapal dan operasional yang merupakan kewenangan BPTD dan KSOP akan tetap dikomunikasikan. Setiap kapal akan melayani 1 trip khusus lintas ini. Buffer Zone dan delaying system juga akan tetap diterapkan untuk membantu petugas melakukan screening tiket dan muatan," jelas Shelvy dalam pernyataan resmi.

Ia menambahkan, pengoperasian pelabuhan perbantuan pada layanan arus mudik dan balik Lebaran, tidak hanya bertujuan untuk memecah antrean kendaraan tetapi juga memberikan manfaat lebih khususnya bagi pemudik agar dapat beristirahat lebih panjang dan juga dapat memangkas waktu tempuh hingga 1 jam menuju Kota Bandar Lampung.

4. Urai kepadatan di Merak

Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke CiwandanMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) menghadiri rapat koordinasi dengan stakeholder di Polda Lampung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat koordinasi dengan stakeholder di Polda Lampung mengatakan, mengurai kepadatan di Merak, pihaknya akan memaksimalkan pengoperasian Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung. Itu sebagai jalur alternatif penyeberangan untuk melayani pemudik ketika terjadi kepadatan.

“Kami maksimalkan Pelabuhan Panjang di Bandar Lampung karena, jika ke Panjang maka menghemat hampir satu jam perjalanan (dibanding ke Pelabuhan Bakauheni). Ini sangat positif," tuturnya.

Berdasarkan data keberangkatan pemudik dari Pelabuhan Ciwandan pada saat arus mudik hingga H-1 tercatat, realisasi produksi secara total mencapai 9.429 unit kendaraan dan jumlah penumpang sebesar 18.762 orang. Tercatat jumlah kapal yang beroperasi penyeberangan rute Ciwandan-Bakauheni terdapat 8 unit kapal dengan total pelayanan mencapai 10 trip.

Baca Juga: Penerapan Delaying System di Buffer Zone, Kapolda: Pemudik Harap Sabar

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya