Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di Pringsewu

Personel berjaga di titik rawan macet

Pringsewu, IDN Times - Polres Pringsewu, Polda Lampung memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di beberapa titik saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kasatlantas Polres Pringsewu, Iptu Khoirul Bahri membenarkan pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik di Bumi Jejama Secancanan.

Menurutnya, pengalihan arus itu akan diterapkan pihaknya jika terjadi kepadatan arus lalu lintas berpotensi macet di jalur utama pusat Kota Pringsewu.

"Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan, Polres Pringsewu sudah menyiapkan skema pengalihan lalu lintas dan juga puluhan personel," kata Khoirul, Kamis (22/12/2022).

1. Personel berjaga di titik rawan macet

Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di Pringsewulalulintas kendaraan melintas di ruas Jalan Lintas Barat Pringsewu terpantau meningkat H-2 lebaran. (Dok. Polres Pringsewu).

Puluhan personelnya itu nantinya akan menempati titik ploting di lokasi rawan kemacetan. Seperti di simpang terminal Pringsewu, simpang urban, depan Mall Candra dan depan Multi Mart 1000 Sidoharjo.

Khoirul menyebut, beberapa titik disiapkan untuk pengalihan arus lalu lintas di Pringsewu yakni arus lalu lintas dari arah Bandar Lampung akan dimasukan ke jalur alternatif Simpang Lang-Lang buana, kemudian tembus Simpang Gung kancil Pajaresuk.

"Kemudian arus lalu lintas dari Kota Agung akan melalui jalur alternatif Simpang Jalan Olahraga, yang akan tembus di Gang Pusri Sidoharjo," jelasnya.

Ia juga menyebut, pengalihan arus lalu lintas dan penjagaan personel ini dilakukan guna terciptanya keamanan dan kenyamanan di Bumi Jejama Secancanan.

Baca Juga: Sering Nonton Video Porno, Pelajar SMK Pringsewu Cabuli Siswi SMP

2. Masyarakat diimbau disiplin berlalulintas

Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di PringsewuPolres Pringsewu berencana melaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2021 pada 15- 28 November 2021. (IDN Times/Istimewa).

Guna mendukung kesuksesan Operasi Lilin Krakatau 2022, Khoirul juga mengimbau masyarakat untuk disiplin dan tertib dalam berlalulintas. Selain itu masyarakat juga diminta mematuhi instruksi petugas di lapangan," paparnya.

Apabila itu dipatuhi, tentunya tidak akan terjadi semrawutnya arus lalu lintas di Pringsewu. Sebab, lanjut Khairul, terciptanya kenyamanan dan keamanan di Pringsewu bukan semata-mata tugas personel saja, tetapi semua tanggung jawab bersama.

Khoirul juga meminta para pengguna jalan yang kelelahan atau mengantuk untuk segera beristirahat di pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah disediakan. "Harapannya agar tidak sampai terjadi kecelakaan lalulintas bisa berpotensi menyebabkan korban jiwa," tegasnya.

3. Kerahkan 500 personel gabungan

Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di PringsewuPolres Pringsewu berencana melaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2021 pada 15- 28 November 2021. (IDN Times/Istimewa).

Guna pengamanan Nataru, Polres Pringsewu menggelar latihan pra (Latpra) Operasi Lilin Krakatau 2022, Rabu (21/12/2022). Latpra Operasi Lilin Krakatau ini dibuka Kabag Ops Kompol Kisron dan dihadiri para pejabat utama Polres Pringsewu, para Kapolsek serta ratusan personel.

"Kegiatan Latpra ini guna memastikan nantinya Opersi Lilin Krakatau dapat berjalan baik dan lancar. Kita koordinasikan apa yang akan dilakukan serta memastikan keamaan dan kenyamanan masyarakat di Bumi Jejama Secanacanan," katanya. 

Kabag Ops juga menyebut, Operasi Lilin Krakatau ini akan berlangsung selama 12 hari. Terhitung sejak 22 Desember hingga 2 Januari 2023. Tak tanggung-tanggung, pihaknya menerjunkan 500 personel gabungan guna mengamankan Nataru kali ini.

"Polres Pringsewu melibatkan 500 personel gabungan yang terdiri dari jajaran kepolisian, TNI, Satpol-PP, dishub, Dinkes dan Senkom," paparnya

4. Siap amankan 29 objek wisata

Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di PringsewuBentang sawah di Pringsewu (Instagram.com/potret.pringsewu)

Selain mengerahkan 500 personel, Polres Pringsewu juga menyiapkan dua pos terdiri dari 1 pos pengamanan di area pasar Pagelaran serta 1 pos pelayanan di rest area Pekon Wates, Gadingrejo, Pringsewu. Kisron mengatakan, personel gabungan juga akan disiagakan untuk mengamankan ibadan Misa di 29 gereja se-Pringswu.

"Selain itu juga untuk mengamankan 29 obyek wisata, 19 pusat perbelanjaan dan 3 objek lokasi yang digunakan masyarakat saat merayakan malam tahun baru," jelasnya.

Terkait persiapan dilakukan guna mengamankan Nataru, Kisron berharap, peryaan Nataru ini dapat berjalan aman, nyaman dan kondusif.

"Sehingga harapnnya saudara-saudara kita umat Kristiani yang sedang merayakan Natal dengan nyaman dan aman. Sementara untuk perayaan Tahun Baru di Pringsewu ini diharpakan akan kondusif," jelasnya.

Baca Juga: Warga Pringsewu Bahagia, Motor Sempat Dicuri Kini Ditemukan Polisi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya