Hujan Deras dan Angin Kencang, Rumah Warga Tanggamus Ambruk

Mulanya korban mendengar suara kayu bagian rumah patah

Tanggamus, IDN Times - Diguyur hujan deras disertai angin kencang, rumah papan telah lapuk milik Anis (32) warga Dusun 2 RT 002 RW 002 Pekon Pariaman Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus ambruk.

Beruntung, keluarga tersebut berhasil menyelamatkan diri keluar rumah sehingga tidak ada korban dalam peristiwa terjadi Sabtu (2/4/2022) malam.

Baca Juga: Pengangguran dan Istri sedang Hamil, Pencuri Guardrail Ditangkap 

Rumah terbuat dari papan dan kondisi lapuk

Hujan Deras dan Angin Kencang, Rumah Warga Tanggamus Ambrukhttp://acehnews.co/abu-bakar-umar-dan-sebuah-gubuk-kecil.html

Pascaperistiwa tersebut, Polsek Talang Padang Polres Tanggamus telah memeriksa TKP dan bersama warga membantu melakukan membersihkan puing puing reruntuhan bangunan rumah yang ambruk.

Kapolsek Talang Padang, AKP Sarwani, mengatakan, peristiwa robohnya rumah korban terbuat dari papan tersebut terjadi saat hujan deras disertai angin kencang. Rumah itu dalam kondisi sudah lapuk. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kronologi rumah ambruk

Hujan Deras dan Angin Kencang, Rumah Warga Tanggamus AmbrukPolsek Talang Padang Polres Tanggamus telah memeriksa TKP dan bersama warga membantu melakukan membersihkan puing puing reruntuhan, (Dok. Polres Tanggamus).

Ia menambahkan, peristiwa awalnya diketahui Anis selaku pemilik rumah yang saat itu sedang bersama keluarganya berada di dalam rumah. Saat kejadian hujan lebat disertai angin kencang.

Korban mendengar suara kayu pada bagian rumahnya patah, sehingga pemilik rumah dan keluarganya segera langsung keluar rumah menuju rumah tetangga yang bersebelahan dengan rumahnya untuk mengamankan diri.

Tidak lama kemudian pemilik rumah dan keluarga melihat bangunan rumahnya roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang. Selanjutnya pemilik rumah melaporkan kejadian tersebut ke kepala pekon. "Atas kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian materil senilai Rp40 juta," jelasnya.

Korban sementara tinggal di rumah keluarga

Hujan Deras dan Angin Kencang, Rumah Warga Tanggamus AmbrukDok. Arsitag.com

Kapolsek menambahkan, saat ini pemlik rumah dan keluarga untuk sementara waktu tinggal di rumah keluarganya di Pekon Pariaman, Gunung Alip, Tanggamus. "Kami juga telah berkoordinasi dengan aparatur pekon guna mengambil langkah perbaikan maupun rehabilitasi rumah korban," tandasnya.

Muklis, perwakilan keluarga Anis sangat mengharapkan bantuan pemerintah untuk dapat menegakkan rumahnya kembali. "Ini cuma satu-satunya rumah tempat berteduh kini hancur dan roboh. Harapannya mendapatkan perhatian pemerintah," kata Muklis.

Ari selaku Kepala Pekon Pariaman berharap agar keluarga Muklis dapat bersabar menunggu pihak terkait membantu dan sementara akan dilakukan gotong royong memperbaiki rumahnya.

"Sudah kami sampaikan agar dapat bersabar sambil menunggu pihak pihak terkait yang ingin membantu sementara menginap dulu di rumah kerabat. Nanti perbaikan dilakukan dengan gotong royong," tegasnya. 

Baca Juga: Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Tanggamus, Tak Ada Laporan Kerusakan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya