Hore! 240 Warga Jalani Isoman Terima Santunan dari Pemkab Pesawaran

Meninggal karena COVID-19, ahli waris dapat bantuan

Pesawaran, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah menyalurkan bantuan kepada 240 warga menjalani isolasi mandiri (isoman) dan 27 santunan kematian kepada ahli waris yang keluarganya meninggal karena COVID-19.

Kepala Seksi Penanggulan Bencana Sosial Andri Wibowo, mengatakan data tersebut telah dicatat oleh dinas sosial. Sampai akhir tahun ini pihaknya menyiapkan bantuan untuk warga Isoman dengan kuota sebanyak 600 orang, sedangkan untuk meninggal pihaknya menyiapkan kuota sebanyak 100 orang.

“Jadi kalau untuk yang isoman kita memberikan bantuan sebesar 500 ribu sedangkan yang meninggal kita berikan 3 juta. Pemberian tersebut kita salurkan melalui rekening,” katanya, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga: Cerita Warga Pesawaran Manfaatkan Hutan Jadi Lahan Tanaman Obat

1. Ini persyaratan menerima bantuan

Hore! 240 Warga Jalani Isoman Terima Santunan dari Pemkab PesawaranIlustrasi keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan Dinsos (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Andri mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan masyarakat dalam mengurus bantuan tersebut. Persyaratan itu selanjutnya diserahkan kepada pihak desa yang nantinya akan mengurus.

“Untuk persyaratannya, masyarakat harus membawa fotokopi hasil cek lab, surat keterangan dari Satgas COVID-19 tingkat desa dan diketahui pihak kecamatan. Kemudian fotokopi KTP dan KK sebanyak tiga lembar pasien yang terkonfirmasi serta penerima kuasa, serta surat kuasa bermaterai,” kata dia.

Andri menjelaskan, guna mensosialisasikan program ini, lanjutnya, pihaknya telah memberikan surat selembaran kepada masing-masing camat di 11 kecamatan yang ada, nantinya akan dilanjutkan ke setiap kepala desa.

“Kami berharap agar seluruh perangkat desa agar lebih aktif dalam mendata masyarakatnya yang sedang isoman, dan segera urus persyaratannya agar masyarakat dapat menerima bantuan,” katanya.

2. Berstatus zona oranye

Hore! 240 Warga Jalani Isoman Terima Santunan dari Pemkab Pesawaran52 Kab/Kota Berpindah dari Zona Oranye ke Zona Merah (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Kabupaten Pesawaran per 18 Agustus lalu berstatus zona oranye. Itu selaras menurunnya jumlah angka positif COVID-19 di daerah berjuluk Bumi Andan Jejama itu.

Wakil Ketua I Pelaksana Harian Penanganan COVID-19, Kesuma Dewangsa, mengatakan, Pesawaran masuk zona oranye dari tim satgas pusat. Secara rincian, saat ini lima kecamatan zona merah, tiga kecamatan zona oranye dan tiga kecamatan zona kuning.

“Kelima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gedongtataan, Kecamatan Waykhilau, Kedondong, Negerikaton, dan Tegineneng, sedangkan tiga zona oranye yakni  Kecamatan Waylima, Marga Punduh, dan Teluk Pandan, kemudian tiga zona kuning Punduh Pedada, Padang Cermin, dan Way Ratai,” terang pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Pesawaran ini.

3. Nakes di puskesmas diminta tingkatkan 3T

Hore! 240 Warga Jalani Isoman Terima Santunan dari Pemkab PesawaranIlustrasi petugas melakukan tracing di Dukuh Kedungrejo, Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Senin (14/6/2021). Dok.IDN Times/Istimewa

Kesuma menyatakan, meski telah keluar dari zona merah, masyarakat tetap diimbau menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya, membantu percepatan penanganan COVID-19.

“Untuk saat ini kita minta semua elemen masyarakat mematuhi prokes, kalau semuanya patuh dengan prokes situasi kasus COVID-19 akan terus menurun, tetaplah memakai masker, hindari kerumunan dan janganlah berkegiatan diluar apabila tidak penting. Untuk para Satgas COVID-19 yang ada di masing-masing desa diharapkan agar terus memantau masyarakat setempat, terutama protokol kesehatan,” imbuhnya.

Kesuma juga meminta para tenaga kesehatan di puskesmas bersama gugus tugas tingkat desa meningkatkan pemantauan 3T. “Selain itu, masyarakat merasakan ada gejala-gejala meskipun ringan jangan diam saja, langsung periksakan ke puskesmas setempat, ini juga demi kesehatan dan keselamatan individu serta masyarakat lainnya,” katanya.

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksinasi Pesawaran, Rincian Vaksin Dosis 1 dan 2

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya