Hindari Penumpukan di Bakauheni, Pemudik Bisa Beli Tiket di Rest Area

Pembelian tiket penyeberangan menuju Pulau Jawa

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno memberikan atensi terkait persiapan arus balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Selatan. Satu atensi disorotnya adalah, meminta masyarakat hendak kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni agar menyiapkan tiket kapal.

Tiket kapal itu dapat dibeli di berbagai gerai disediakan sebelum memasuki area pelabuhan. "Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke Pulau Jawa pada arus balik," jelasnya, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Tips Mudik Aman Lebaran, Urusan Listrik Kini dalam Genggaman

Bisa beli tiket di rest area dan rumah makan

Hindari Penumpukan di Bakauheni, Pemudik Bisa Beli Tiket di Rest AreaHutama Karya telah menyiapkan beberapa skema bila terjadi kepadatan arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April dan puncak arus balik pada 7-8 Mei. (Dok. HK).

Hendro mengatakan, masyarakat pengguna jasa pelayaran pelabuhan dapat langsung membeli tiket di outlet di beberapa lokasi rest area Jalan Tol Trans Sumatera KM 49, KM 87 B, serta KM 20B Di sana ada petugas langsung memberikan arahan kepada pengendara untuk membeli tiket penyeberangan.

Selain di rest area tol, layanan serupa juga tersedia di Jalan Lintas Sumatera di RM Siang Malam Kecamatan Penengahan Lampung Selatan; RM Tiga Saudara Kecamatan Ketapang Lampung Selatan, serta RM Raja Alam, Lampung Selatan.

‘’Tak perlu khawatir dan jangan tunggu beli tiket di pelabuhan. Manfaatkan sebaik-baiknya pembelian tiket di rest area dan lokasi rumah makan," tegas jenderal bintang dua ini.

Diimbau pulang lebih awal sebelum puncak arus balik

Hindari Penumpukan di Bakauheni, Pemudik Bisa Beli Tiket di Rest AreaSituasi mudik H-2 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Terkait arus balik lebaran, Hendro juga berharap pemudik agar pulang lebih awal. Tujuannya, agar tidak terjadi kepadatan atau penumpukan di pelabuhan. Itu lantaran diprediksi puncak arus mudik 6-8 Mei 2022.

Pemudik juga diminta memeriksa kesiapan kendaraan serta fisik masing-masing. "Jika lelah silahkan langsung beristirahat dan apabila kendala segera menghubungi petugas melalui layanan cal center 110 ataupun mendatangi petugas di pos-pos yang telah didirikan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikan kapolda, stakeholder penanggungjawab arus mudik dan arus balik lebaran di Lampung juga bersepakat. untuk melayani secara penuh kemanusiaan bagi masyarakat melakukan perjalanan, agar terasa nyaman, aman dan tentu saja sehat sampai tujuan.

Pemudik sepeda motor tetap dikawal

Hindari Penumpukan di Bakauheni, Pemudik Bisa Beli Tiket di Rest AreaTim Satgas Kawal Mudik Polda Lampung mengawal pemudik motor dari Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kapolda menyatakan, pemudik sepeda motor melakukan perjalanan malam hari saat arus balik lebaran tetap akan dikawal oleh petugas satlantas dan samapta. Pengawalan dimulai dari perbatasan wilayah Kabupaten Mesuji Lampung hingga menuju Pelabuhan Bakauheni lampung selatan.

"kita tetap memberikan atensi besar kepada pengendara roda dua yang hendak kembali ke Pulau Jawa dengan menggunakan sepeda motor pada malam hari. Kita kawal sampai sini (Bakauheni ), serta menyiapkan dermaga khusus untuk keseluruhan pemotor itu jika volumenya banyak di demaga 5,” jelas Hendro.

Baca Juga: Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban Begal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya