Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirian

Mendorong pemuda Lampung untuk menjawab tantangan besar

Lampung Utara, IDN Times -Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) diperingati setiap 9 Desember, Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Lampung gelar Sekolah Milenial Anti Korupsi di D'Acai Cafe, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Lampung, Jumat (9/12/2022).

Koordinator Wilayah GMC Lampung, Rico Kiat Sanjaya mendorong pemuda-pemudi Lampung untuk menjawab tantangan besar pada masa depan terkait kemandirian bangsa, khususnya edukasi dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Baca Juga: Srikandi Ganjar Lampung Ajak Milenial Cintai Produk Lokal via Bazar UMKM

1. Kemandirian bangsa harus ditunjukkan dengan semangat perubahan

Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirianpixabay.com/Anemone123

Rico mengatakan, peringatan Hari Anti Korupsi ini dapat menjadi momentum generasi muda saat ini untuk mengingat kembali mimpi besar bangsa Indonesia meraih kemerdekaan diisi dengan kreativitas dan inovasi.

"Kemandirian bangsa harus ditunjukkan dengan semangat perubahan. Kami mengajak generasi muda untuk mewujudkan Indonesia bebas korupsi, dimulai dari Lampung," kata Rico dalam keterangan resmi, Jumat  (9/12/2022).

2. Gerakan antikorupsi penting diterapkan sejak dini

Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan KemandirianGoogle

Keterlibatan anak muda dalam gerakan antikorupsi, lanjut Rico memang penting diterapkan sejak dini. Mulai dari hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan generasi muda, seperti tidak mencontek, disiplin saat masuk sekolah dan lainnya.

"Kami ingat betul pesan ayah Ganjar untuk menanamkan integritas dalam diri, karena kelak kita sebagai penerus bangsa akan jadi pemimpin. Semoga ini awal yang bagus untuk kami semua," ujar Rico.

"Menurut kami, upaya terbaik dalam memberantas korupsi adalah dengan cara melakukan pencegahan dini. Sebagai contoh yakni, sosok Ayah Ganjar yang selama ini menjadi tauladan kita, telah menerapkan praktik sekolah antikorupsi ini di Jawa Tengah," lanjut Rico.

3. Deklarasi duta antikorupsi

Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan KemandirianGanjar Milenial Center (GMC) Provinsi Lampung gelar Sekolah Milenial Anti Korupsi di D'Acai Cafe, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Lampung, Jumat (9/12/2022). (Dok. GMC Lampung).

Dalam program baru dirilis, Ganjar Pranowo telah memproyeksikan Pati sebagai kabupaten pertama di Indonesia seluruh desanya memiliki program antikorupsi. Hal itu dimaksud untuk mendorong pelayanan terhadap masyarakat yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

"Bahkan baru kemarin, ada beberapa contoh pedesaan yang menerapkan wilayah antikorupsi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, itu yang kami ambil dari sosok Ayah Ganjar," ujarnya.

Rico menyebut, para peserta yang hadir dalam acar tersebut telah resmi menjadi agen antikorupsi. Mereka diminta kritis untuk mengawasi praktik korupsi yang terjadi di lingkungan masing-masing.

"Peserta ini akan menjadi agen antikorupsi di lingkungan masing-masing, kami juga mendeklarasikan 'Duta Anti Korupsi GMC' yang diharapkan bisa terus menularkan semangat antikorupsi di kalangan pelajar," jelas Rico.

Baca Juga: 1.000 Santri Lamsel Ikut Gebyar Santri dan Jalan Sehat Dukung Ganjar

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya