H-6 Lebaran 2024, Arus Kendaraan Pemudik di Lampung Lancar?

Yuk cek kondisi arus lalu lintas terkini mudik Lebaran 2024

Intinya Sih...

  • Arus lalu lintas mudik Lebaran 2024 terpantau ramai lancar, tanpa penumpukan kendaraan di jalan tol Trans Sumatera dan arteri menuju Pelabuhan Bakauheni.
  • Kondisi di Pelabuhan Bakauheni juga terpantau lancar, dengan parkiran dan arah masuk pintu kapal dalam situasi normal.
  • Imbauan kepada masyarakat untuk mudik lebih awal, persiapkan diri dan kendaraan serta dapatkan tiket secara online guna menghindari penumpukan.

Lampung Selatan, IDN Times - Arus lalu lintas kendaraan pada H-6 Lebaran 2024 terpantai ramai lancar. Itu merujuk pantauan udara Ditpolairud Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, merujuk pantauan udara, arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lampung dan jalan arteri menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan sebaliknya terpantau lancar dan tidak ada penumpukan volume kendaraan.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024

1. Tidak ada kepadatan

H-6 Lebaran 2024, Arus Kendaraan Pemudik di Lampung Lancar?Ilustrasi Gerbang Tol ITERA Kotabaru. IDN Times/Martin L Tobing.

Menurut Umi, tidak ada kepadatan atau penumpukan penumpang, semuanya terpantau aman dan lancar. Begitu juga pantauan di buffer zone di KM 20 B.

"Masih normal cenderung kosong kendaraan untuk Gerbang tol Bakauheni volume kendaraan masih normal. Sedangkan kantong parkir dermaga masih normal cenderung belum ada penumpukan kendaraan,” katanya, Jumat (5/4/2024).

2. Di pelabuhan tidak terlihat kepadatan kendaraan

H-6 Lebaran 2024, Arus Kendaraan Pemudik di Lampung Lancar?Mobil Tim Jalan Pulang saat hendak turun dari kapal feri di Pelabuhan Bakauheni (IDN Times/Dwi Agustiar)

Bagaimana dengan kondisi di Pelabuhan Bakauheni? Umi menjelaskan, kondisinya di sisi kapal, parkiran, arah masuk pintu kapal semuanya terlihat masih dalam situasi lancar dan tidak terlihat kepadatan kendaraan.

Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan di jalan serta mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mulai dari kondisi fisik prima hingga kesiapan kendaraan.

“Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan, Bagi pemudik yang hendak menyeberang melewati Bakauheni, sangat disarankan sudah mendapatkan tiket secara online guna menghindari penumpukan,” paparnya.

3. Sekitar 5 jutaan pemudik masuk Lampung via Pelabuhan Bakauheni

H-6 Lebaran 2024, Arus Kendaraan Pemudik di Lampung Lancar?ILUSTRASI PELABUHAN. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Diketahui, sebanyak 5 juta lebih pemudik Lebaran 2024 diprediksi akan masuk dan melintas di Provinsi Lampung. Area penyeberangan dijadikan fokus utama menghadapi momen arus mudik dan balik tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, dari lima jutaan pemudik tersebut sebagian besar diperkirakan bakal bergerak melalui pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

"Dari 193,6 juta itu (prediksi pergerakan pemudik secara nasional), sudah diprediksi pemudik akan masuk Lampung sebagai pintu gerbang Sumatra ada sekitar 5 jutaan pemudik," ujarnya dikonfirmasi, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: 5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya