Gubernur dan Bupati Lamsel Beri Imbauan ke Pemudik, Ini Pesannya

Imbauan itu diharapkan disampaikan hingga tingkat desa

Bandar Lampung, IDN Times - Antisipasi puncak arus balik, Pemerintah Provinsi Lampung mengimbau agar masyarakat tidak terburu-buru melaksanakan perjalanan balik Lebaran 2022. Upaya ini harapannya akan sedikit mengurangi beban puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam Rapat Koordinas penanganan arus balik bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya di Pos Terpadu Bakauheni, Sabtu (7/5/2022). 

Gubernur menambahkan, imbauan ini diharapkan disampaikan hingga tingkat desa. Untuk itu, perlu koordinasi dengan kapolda Lampung dan Danrem 043 Gatam, serta bupati/wali kota se Provinsi Lampung. 

Baca Juga: Menhub Budi Karya Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Setelah 8 Mei

Tetap terapkan prokes

Gubernur dan Bupati Lamsel Beri Imbauan ke Pemudik, Ini PesannyaIlustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Hal senada disampaikan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto. Ia mengimbau pemudik agar berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dalam melakukan perjalanan. Disisi lain, juga harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Hari ini kita meninjau arus balik mudik idul Fitri 1443 Hijriah bersama menteri perhubungan dan Kapolri. Alhamdulillah perjalanan mudik di Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar. Tapi tetap saya imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan terus menerapkan prokes selama perjalanan,” kata Nanang. 

Baru 40 persen pemudik kembali ke Pulau Jawa dari Sumatra

Gubernur dan Bupati Lamsel Beri Imbauan ke Pemudik, Ini PesannyaKondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (7/5/2022). (IDN Times/Martin L Tobing).

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, baru 40 persen pemudik dari Pulau Sumatra kembali ke Pulau Jawa pada arus mudik Lebaran 2022 per Sabtu (7/5/2022).

Sisanya 60 persen belum gerak dari Sumatra ke Jawa dan Semarang ke Jakarta," jelasnya saat meninjau Pelabuhan Bakauheni bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Kendati jumlah pemudik dari Sumatra ke Pulau Jawa baru 40 persen, Budi mengatakan sejatinya tak perlu terburu-buru kembali ke Jakarta atau ke Pulau Jawa besok. Bisa tunda Senin, Selasa, atau Rabu," jelasnya.

"Toh pemerintah sudah berikan hak cuti. Boleh ajukan cuti. Pemerintah juga berikan izin untuk anak-anak (belajar) daring. Secara effort bisa kita lakukan," terang pria berkacamata ini.

Perlu rekayasa lalulintas arus balik

Gubernur dan Bupati Lamsel Beri Imbauan ke Pemudik, Ini PesannyaKondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (7/5/2022). (IDN Times/Martin L Tobing).

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyoroti arus balik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni. Sorotan itu dalam rangka memberikan pelayanan arus balik maksimal kepada pemudik. 

Merujuk grafik arus balik imbuhnya, dua sampai tiga hari terakhir terus meningkat sejak  H+1 hingga H+3. "Dari 15, 16 hingga 31 ribu (kendaraan). Malam hari ini mungkin bisa sampai 40 ribu kendaraan," jelasnya.

Merujuk kondisi peningkatan kendaraan pemudik paa arus balik, Sigit mengatakan perlu melihat skema menghadapi puncak arus balik. "Atur rest area sebagai tempat menampung kepadatan di dermaga dan tambah jumlah dermaga. Saat ini ada 7 di Bakauheni, ditambah  (Pelabuhan) Panjang dan BBj," paparnya.

Implementasi lainnya adalah menerapkan skema hijau, kuning, dan merah. "Sekarang hijau (belum terjadi penumpukam kendaraan)," kata Sigit.

Ia menambahkan, rekayasa yang diterapkan diharapkan menghadapi puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni dapat berjalan maksimal. "Sehinga kemacetan seperti di Merak (arus mudik) bisa kita hindari," kata jenderal bintang empat ini.

Baca Juga: 46.902 Kendaraan Tinggalkan Sumatra ke Jawa via GT Bakauheni Selatan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya