Gubernur: Angka Kesembuhan COVID-19 Provinsi Lampung 91,5 Persen

Proporsi kasus hanya 0,77 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, situasi pandemik COVID-19 di Lampung sampai 5 Januari 2022 terkendali. Proporsi kasus hanya sebesar 0,77 persen dan angka kesembuhan sudah mencapai lebih dari 91,54 persen.

Hingga saat ini belum ditemukan kasus terkonfirmasi Varian Omicron di Provinsi Lampung. Hal itu disampaikannya kepada Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat kunjungan kerja dalam rangka Monitoring, Evaluasi Program dan Kegiatan Strategis di Provinsi Lampung di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Rabu (5/1/2022) malam.

Baca Juga: Pemprov Lampung Ingatkan Semua Pihak Pupuk Subsidi Harus Tepat Sasaran

1. Nilai tukar petani 2021 membaik

Gubernur: Angka Kesembuhan COVID-19 Provinsi Lampung 91,5 PersenPanen padi kelompok tani mitra binaan PTPN VII digelar di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (18/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Arinal menerangkan, Pemerintah Provinsi juga telah menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 58 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi. Selain ituberupaya meningkatkan herd immunity melalui pelaksanaan vaksinasi.

Ia menyebutkan, meskipun pandemik COVID-19 belum usai, indikator pertumbuhan ekonomi Lampung terus semakin membaik. Tercatat hingga Semester 1 Tahun 2021 ekonomi Lampung tumbuh positif dibandingkan 2020. 

“Pertumbuhan ekonomi pada triwulan II mencapai kondisi tertinggi sebesar 6,82 persen di atas capaian nasional serta inflasi yang tetap terkendali. Juga ditandai dengan Nilai Tukar Petani yang mulai membaik pada bulan Desember 2021 sebesar 106,29,” ujarnya. 

2. Indeks pembangunan manusia di Lampung 66,90

Gubernur: Angka Kesembuhan COVID-19 Provinsi Lampung 91,5 PersenPexels.com/Skitterphoto

Arinal menjelaskan, nilai ekspor Provinsi Lampung juga mengalami peningkatan. Pada triwulan III-2021 meningkat 29,27 persen dibandingkan triwulan II-2021. 

“Sedangkan jika dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2020, nilai ekspor Provinsi Lampung mengalami peningkatan sebesar 71,95 persen,” katanya. 

Kemudian, untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung tahun 2021 sebesar 69,90 meningkat dari tahun 2020 yaitu 69,69. “Selain itu penurunan persentase penduduk miskin Provinsi Lampung selama 5 tahun menunjukkan tren yang cukup baik,” katanya. 

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga kinerja pembangunan daerah dapat berjalan secara baik di tahun 2021 dan mewujudkan ekspektasi positif pembangunan daerah kita ke depan.

3. Diapresiasi mendagri

Gubernur: Angka Kesembuhan COVID-19 Provinsi Lampung 91,5 PersenMenteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat kunjungan kerja dalam rangka Monitoring, Evaluasi Program dan Kegiatan Strategis di Provinsi Lampung di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Rabu (5/1/2022) malam. (Dok. Pemprov Lampung).

Mendagri mengapresiasi kinerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. “Saya melihat dua-duanya (penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi) cukup terkendali di Lampung dan saat ini relatif baik," ujar Tito.

Tito menilai, kekompakan juga dibangun bersama para bupati/wali kota dan Forkopimda Provinsi Lampung sehingga COVID-19 dapat terkendali dengan baik. Menurutnya, ekonomi di Lampung di saat pandemi juga cukup stabil bahkan mampu meningkat.

“Bahkan di tengah situasi berat, Lampung ekonominya malah melompat,” ujarnya.

Baca Juga: Aplikasi SIKAP Diluncurkan Pemprov Lampung, Pantau Kinerja ASN?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya