Comscore Tracker

Gedung Akademik dan Riset UIN Raden Intan Ditarget Rampung Akhir 2020

Proyek pembangunan gedung 9 lantai masuk tahap topping off

Bandar Lampung, IDN Times - Pembangunan Gedung Pusat Akademik dan Riset UIN Raden Intan Lampung yang dibiayai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) melalui skema Proyek 6 in 1 ditargetkan selesai pada akhir 2020. Proyek 6 in 1 merupakan pembangunan yang tergabung dalam program pengembangan sarana dan prasarana 6 Enam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dilakukan secara bertahun.

Hal tersebut disampaikan Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg pada Forum Pimpinan Dialog Kinerja Pembiayaan Proyek SBSN Koordinasi Tingkat Pimpinan K/L Pemrakarsa Proyek SBSN Tahun 2020 secara virtual dan Seremonial Topping Off Gedung Pusat Akademik dan Riset UIN Raden Intan Lampung, Rabu (26/8/2020).

“Kami bersama PTKIN yang tergabung dalam Proyek 6 in 1, berterimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Bappenas, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Agama (Kemenag), serta seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan sarana prasarana ini menjadi nyata,” ujarnya.

1. Bangun gedung pusat kegiatan mahasiswa

Gedung Akademik dan Riset UIN Raden Intan Ditarget Rampung Akhir 2020Seremonial Topping Off Gedung Pusat Akademik dan Riset UIN Raden Intan Lampung, Rabu (26/8/2020). (Istimewa/radenintan.ac.id)

Pembangunan infrastruktur Gedung Pusat Akademik dan Riset UIN Raden Intan Lampung diharapkan dapat memberi pengaruh yang signifikan bukan hanya fasilitas, tetapi juga SDM-SDM yang berkualitas untuk membangun Indonesia. “Semoga (pembangunan) ini bukan hanya maju untuk UIN dan Lampung, tetapi juga bangsa Indonesia,” jelas Rektor UIN Raden Intan, Prof Mukri.

Ia menambahkan, dalam skema proyek SBSN itu, di samping gedung ikonik berlantai 9, UIN Lampung juga membangun Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa akan dilengkapi dengan beragam fasilitas olah raga dan gedung-gedung perkuliahan.

Selain UIN Raden Intan Lampung, 5 PTKIN lainnya yang tergabung dalam Proyek 6 in 1 yaitu UIN Antasari Banjarmasin, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun perusahaan pelaksana proyek di UIN Raden Intan Lampung yaitu KSO Adhi Karya – Abipraya dan perusahaan pengawas PT Yodya Kaya (Persero).

Baca Juga: Unila dan UIN Raden Intan Beri Keringanan Mahasiswa Bayar UKT

2. Menag minta tidak ada pembangunan mangkrak

Gedung Akademik dan Riset UIN Raden Intan Ditarget Rampung Akhir 2020Menteri Agama (Menag) RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi saat berkunjung ke Lampung 11 Agustus 2020 sempat meninjau pembangunan gedung Pusat Akademik dan Riset UIN Raden Intan Lampung. (Istimewa/radenintan.ac.id)

Menteri Agama (Menag) RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi saat berkunjung ke Lampung 11 Agustus 2020 lalu sempat meninjau pembangunan gedung skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di UIN Raden Intan Lampung. Menag memastikan proyek tersebut harus berjalan sesuai dengan rencana dan lancar.

“Tidak boleh lagi ada pembangunan mangkrak. Proyek ini merupakan amanah untuk pengembangan pendidikan dan bagi kemajuan bangsa dan negara,” katanya.

Fahrul menambahkan, kontrak proyek ini telah ditandatangani para pimpinan PTKIN terkait dihadapannya pada 24 Januari 2020. Ia juga berharap pembangunan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung cepat selesai dan rumah ibadah itu bukan hanya tempat untuk meningkatkan iman dan taqwa, tetapi juga bisa membina kerukunan dan meningkatkan toleransi.

3. Sebanyak 3.866 calon mahasiswa lulus ke UIN Raden Intan jalur UM PTKIN 2020

Gedung Akademik dan Riset UIN Raden Intan Ditarget Rampung Akhir 2020Ilustrasi UM PTKIN 2020 (Istimewa/radenintan.ac.id)

Sebanyak 3.866 calon mahasiswa dinyatakan lulus ke UIN Raden Intan Lampung melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2020.  UIN Raden Intan Lampung berada diposisi keenam secara nasional dan pertama di Sumatera untuk pendaftar terbanyak tahun 2020.

Jumlah peminat ke UIN Lampung sebanyak 16.089 pendaftar. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 15468 pendaftar.

Wakil Rektor I Dr Alamsyah MAg mewakili pimpinan dan sivitas akademika UIN mengucapkan selamat kepada peserta yang lulus. “Kepada yang belum lulus jangan berkecil hati. Jangan patah semangat untuk melanjutkan pendidikan. Semoga Allah Swt memberikan jalan yang terbaik,” terangnkan

Ia menambahkan, bagi peserta UM PTKIN yang dinyatakan lulus di UIN Lampung, diharapkan melakukan daftar ulang pada 25-31 Agustus 2020 di laman aplikasi.radenintan.ac.id/ukt_kelulusan dengan login menggunakan NPM. Sedangkan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diumumkan pada 5 September 2020 di laman radenintan.ac.id/pengumuman/ dan pembayaran UKT dapat dilakukan pada 7-18 September 2020.

Baca Juga: Peserta UMPTKIN 3-6 Agustus Tes Daring Gunakan Laptop dan Ponsel

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya